BERHASIL MENGANGKAT PRODUK LOKAL, MAHASISWA UNTAD JUARAI IBM SME AWARD 2016

2. ZenBerhasil mengangkat produk lokal, Dwiyanto Andreas Sondi selaku Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako berhasil meraih juara II IBM SME Award 2016. Kegiatan ini merupakan kompetisi nasional yang digelar oleh International Business Machines (IBM) Indonesia.

Dwiyanto, yang mewakili Universitas Tadulako, beraturung dengan 22 perwakilan universitas lainnya dari seluruh Indonesia, hingga tahap Grand Final  di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta (28/08).

Mahasiswa yang bergelut dibidang wirausaha ini berhasil mengangkat produk lokal di pentas nasional. menurutnya tanaman kopi kian redup di tanah tadulako, akibat tanaman ini memiliki nilai jual rendah. Dengan mengangkat produk ini, Dwiyanto berharap para petani kopi tak akan menghilangkan tanaman ini dengan tanaman dengan nilai jual tinggi.

Pria asal morowali ini menghimbau pada seluruh mahasiswa Untad untuk berwirausaha karena banyaknya anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk mahasiswa atau pemuda yang berwirausaha.

“Ke depan itu ada 100 milyar dana hibah dari pemerintah untuk mahasiswa yang mau berwirausaha dan yang pasti punya inovasi. Saya mengajak pada mahasiswa mahasiswi Untad mari kita berwirausaha, jangan takut dan jangan malu, mau mencoba serta harus ada tindakan. Jika kita punya tujuan baik pasti jalan itu akan terbuka”, pungkas Dwi.

Program ini juga dilaksanakan atas kolaborasi bersama Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah, Bank Mandiri, Kamar Gadang Indonesia (KADIN), Himpunan Pemuda Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), dan Wanita Perhimpunan Sarjana Hukum Indonesia (PERSAHI).

IBM SME Award ini diinisiasi dan dipimpin langsung oleh century manager CSR IBM Indonesia, Santi Diansari Hargianto sebagai salah satu program corporate social responsibilities. IBM Indonesia membangun sukses story star up untuk mendorong meningkatkan pertumbuhan kewirausahaan bagi kalangan mahasiswa dan generasi muda Indonesia. zsa