FMIPA Terapkan Perubahan Kurikulum 2016/2017, Wadek Bidak : Fmipa Fakultas Pertama yang Menerapkan

2. Perubahan Kurikulum 2016 MIPASebagai tindak lanjut dari kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Strata Satu Berorientasi KKNI/LO (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/Learning Outcomes) yang diselenggarakan Agustus lalu, Fakultas Mipa mulai menerapkan kebijakan kurikulum baru ini untuk pertama kalinya di Untad.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Dr. Ramadanil Pitopang, M.Si, pada Rabu (7/8). “Di dalam kurikulum sebuah perguruan tinggi, wajib ditinjau setiap 4 tahun. Kemarin sudah lokakarya, dimana setiap prodi membuat kurikulum baru, saat ini baru Fmipa yang melaksanakan,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, pada mata kuliah dasar, semua mahasiswa MIPA dilebur menjadi 13 kelompok.  “Dari 269 jumlah mahasiswa baru di Mipa, semuanya dilebur menjadi 13 kelompok, khusus untuk mata kuliah dasar yaitu Matematika Dasar, Kimia Dasar, Fisika Dasar, dan Biologi Umum” imbuhnya.

Masih menurutnya, kurikulum ini sangatlah penting dalam menyatukan mahasiswa antar prodi agar tidak terjadi pengkotak-kotakan.  “Tujuannya sangat penting, supaya tidak ada lagi ‘kotak-kotak’ antar prodi,” jelasnya. Menurutnya juga seluruh universitas di Indonesia sudah menerapkan tersebut.

Disamping itu, ia juga menyampaikan bahwa, seperti kebijakan-kebijakan baru pada umumnya, kebijakan penerapan kurikulum baru tentunya tidak luput dari pro dan kontra. “Minggu pertama banyak kendala, banyak protes. Karena orang Mipa sangat kritis. Tapi setelah melalui berbagai rapat, akhirnya ketemu solusinya. Contohnya mata kuliah Matematika Dasar yang praktikumnya diubah menjadi tutorial,” ungkap dosen biologi tersebut. Nm