Prodi Matematika adakan Matrikulasi untuk Maba, Persiapan dalam Memahami Mata Kuliah Kalkulus

Program Studi Matematika FMIPA Untad mengadakan matrikulasi bagi para maba (Mahasiswa Baru) prodi Matematika angkatan 2016 di Jurusan Matematika. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini (24-26/08) menyajikan materi tentang matematika dasar yang telah diajarkan di SMA. Kegiatan ini melibatkan seluruh dosen Program Studi Matematika FMIPA yang dibagi menjadi 2 kelas, A dan B.

Menurut Selvy Musdalifah, S.Si, M.Si, selaku ketua panitia kegiatan ini menjelaskan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyeragamkan pehamaman terhadap matematika dasar.

“Karena input dari mahasiswa yang masuk berbeda-beda, jadi diharapkan nanti ada keseragaman dalam pemahaman tentang matematika dasar, khususnya untuk mata kuliah kalkulus, supaya mereka punya keseragaman dalam memahami materi kalkulus nantinya. Karena background mereka pasti berbeda, ada yang dari SMA, SMK, dan lain-lain,” jelasnya.

Masih menurutnya, bahwa kegiatan ini telah dua kali dilaksanakan, dimana pada tahun sebelumnya telah dilaksanakan matrikulasi untuk pertama kalinya pada maba 2015. Ia juga menuuturkan kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa baru sebelum memasuki perkuliahan.

“Manfaatnya cukup besar, mereka sudah punya persiapan duluan dibanding mahasiswa lain yang tidak diberikan matrikulasi sebelumnya, mereka diberi pemanasan duluan, jadi ketika sudah masuk matematika dasar mereka sudah masuk penyegaran dengan materi matrikulasi sebelumnya,” imbuhnya. Nr