SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, TBM AXIS GELAR BAKSOS AKBAR

3. Fauzan TBM AxisTim Bantuan Medis (TBM) Axis Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Untad gelar Baksos akbar Sunatan masal dan Oprasi Katarak gratis. Kegiatan tersebut diselenggarakan di desa powelua Kecamatan Banawa Tengah, Donggala pada jumat s/d minggu (9-11/09).

Kegiatan yang mengusung tema “Tingkatkan  Diri Dengan Suatu Langkah Kecil Dalam Semangat Kepedulian” merupakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Wira, selaku ketua panitia yang ditemui reporter Media Tadulako menyatakan bahwa, Baksos Akbar ini merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa FKIK kepada masyarakat dengan cara meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kita sebagai mahasiswa di lihat dari bagaimana kepedulian terhadap masyarakat, melalui baksos akbar ini walaupun terhitung kecil tapi kami harap bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan yang diikuti 147 anak untuk sunatan masal dan 13 orang operasi katarak ini melibatkan  dokter yang juga merupakan dosen Untad. Kegiatan ini juga melibatkan bantuan dokter-dokter lain dan beberapa dokter alumni FKIK. Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Donggala dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara proses pelaksanaan kegiatan itu dilaksanakan di tempat yang berbeda. Untuk kegiatan sunatan masal bertempat di SD 1 Powelua, sementara untuk kegiatan operasi katarak bertempat di  Puskesmas Pembantu Towale, Banawa tengah.

Sementara itu, Farah, selaku koordinator seksi acara kegiatan, menyebutkan bahwa Baksos Akbar TBM Axis tersebut merupakan program wajib dan menjadi agenda tahunan. “Tiap tahunnya TBM Axis melaksanakan Baksos Akbar dengan item kegiatan yang berbeda, pada Baksos akbar tahun ini item kegiatan berupa Sunatan masal, Operasi katarak, Operasi Usus turun dan Operasi Bibir sumbing,” ujarnya.

Masih menurut Farah, untuk item kegiatan usus turun dan operasi bibir sumbing yang dilaksanakan pada oktober mendatang, TBM Axis membuka pendaftaran bagi penderita usus turun dan bibir sumbing gratis hingga akhir september.

Di akhir penyampaianya, ia pun mengungkapkan harapan tentang terlaksananya kegiatan tersebut. Ia mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan itu, derajat kesehatan manusia di lingkungan masyarakat semakin meningkat.

“Harapan kami dimana sesuai dengan tujuan TBM Axis sendiri, kami berusaha untuk meningkatkan derajat kesehatan manusia sekaligus sebagai bentuk pengabdian TBM Axis kepada masyarakat,” tutur Farah. Fzn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here