Simposium Biologi Sebagai Sarana Publikasi Ilmiah

2. Vivi Simposium Bilogire

Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (FMIPA) Untad melaksanakan Symposium, pada rabu (7/9). Kegiatan yang digelar di ruang senat lama itu sebagai salah satu bentuk  apresiasi Jurusan Biologi atas kerjasamanya dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Ketua jurusan  Biologi, Dr. Lif. Sc. I Nengah Suwastika, M. Lif. Sc menjelaskan bahwa simposium ini merupakan bentuk komunikasi antar peneliti dan juga ajang untuk seorang peneliti menyampaikan hasil penelitiannya kepada khalayak. “Salah satu kegiatan ilmiahnya adalah simposium ini, kami punya banyak penelitian, kami punya banyak riset, dan kerjasama dengan pihak luar, tetapi kurang media untuk sosialisasi dan komunikasi dengan peneliti yang lain, jadi salah satu caranya dengan simposium,” jelasnya.

Fahri S.Si M.Si selaku ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan, bahwa jurusan Biologi memiliki banyak kegiatan yang ingin disampaikan kepada khalayak, terutama Mahasiswa Baru (maba) Biologi dan kepada siswa-siswi dari Madrasah Aliyah (MA). Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasinya terhadap BKSDA yang baru-baru ini melaksanakan kerjasama Penelitian dengan jurusan biologi.

Sementara itu, Dekan FMIPA, Dr. Rusydi H, M.Si, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan symposium yang diadakan Jurusan Biologi tersebut. “Kegiatan seperti pada hari ini adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di perguruan tinggi, tapi kegiatan pada hari ini patut kita apresiasi pada  jurusan Biologi, kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan kepada mabanya, MA dan SLTA  lainnya bahwa biologi adalah salah satu ilmu  yang  sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Masih dalam sambutannya, Dr. Rusydi, juga menyampaikan bahwa potensi Sulawesi Tengah dalam pemanfaatan sumber daya alam sangatlah besar peluangnya. Untuk itu menurutnya, mahasiswa biologi sangatlah dibutuhkan sumber dayanya.

“Kita tahu bahwa Sulawesi Tengah ini adalah daerah yang sangat potensial dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam, dan hal ini sangat terkait dengan jurusan Biologi. Kita sangat berharap agar maba biologi bisa selesai dengan cepat, sesuai dengan aturan akademik  yang  kita miliki,  karena sumber daya alam  di  daerah kita ini sangat membutuhkan anak-anakku sekalian,” tuturnya.

Symposium ini dihadiri oleh mahasiswa  yang  mendaftarkan dirinya 2 hari sebelum symposium dilaksanakan, juga hadir ketua jurusan Fisika, dekan FMIPA, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA, dosen-dosen di Jurusan Biologi, dan siswa MA Al-Khairaat Palu serta guru pendampingnya. Symposium  ini juga dirangkaian dengan pemberian penghargaan dari Jurusan Biologi kepada tim PKM yang berhasil mendapatkan juara favorit di PIMNAS-29. Vv