WORKSHOP DAN PENJURIAN TERBUKA LOMBA FOTOGRAFI UNTAD

3. uswang Lomba Foto Untad

Masih dalam rangkaian Dies Natalis Universitas Tadulako ke 35, digelar Lomba dan Pameran Fotografi yang bertema “Universitas Tadulako dalam bingkai.” Sebagai tahap akhir kegiatan, diagendakan workshop sekaligus penjurian terbuka lomba fotografi tersebut, Sabtu (4/9).  Acara yang gelar di ruang Senat Gedung Rektorat itu, dibuka langsung oleh Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untad, Rudy Gosal, SE, M.Si.

Dalam laporannya, Drs. Samsumarlin, M.Si selaku ketua panitia menyampaikan bahwa lomba dan pameran fotografi merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Tadulako ke-35. Dalam memeriahkan pekan akademik yang diselenggarakan oleh sub bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Humas, lomba fotografi itu terdiri atas dua kategori, yaitu lomba fotografi landscape dan lomba fotografi instagram.

Ia juga menyampaikan, bahwa kegiatan pameran foto telah dilaksanakan beberapa pekan sebelumnya bertempat di gedung Media Center Untad. Berbagai foto yang dipajang dalam pameran tersebut merupakan foto kampus dan aneka foto kegiatan dari awal berdirinya Untad.

Masih dalam laporannya, ia juga menuturkan bahwa tujuan dilaksanakan pameran dan lomba fotografi tersebut untuk memperkenalkan kepada masyarakat luar tentang Universitas Tadulako. “Pameran dan lomba fotografi ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum dan khususnya masyarakat lingkungan Universitas Tadulako bagaimana perjalanan Untad sejak berdirinya hingga sekarang tahun 2016,” ungkapnya.

Sementara itu, Moh Reza, Joshua Marunduh dan Verry Rachman bertindak sebagai dewan juri atas kerjasama dengan Asosiasi Fotografer Profesional dan PaluFoto.Net. Dalam proses penjurian, setelah melalui diskusi penjurian dari 40 foto yang terseleksi, 6 foto menjadi foto terbaik. Tentunya sesuai dengan kriteria penilaian dewan juri yakni komposisi foto, keselarasan tema, genre dan etika dalam fotografi

Dari 6 foto terbaik, juara 1 dalam kategori lomba foto landscape diraih oleh Arnold Remi Hamid, juara 2 diraih oleh Moh Sabri Abdul Karim, dan juara 3 diraih oleh Moh Rifki. Untuk kategori lomba foto instagram juara 1 diraih oleh Andreas Andri, juara 2 di raih Fiqi J Bhayangkara dan juara 3 diraih oleh Delti D Deisenring. MU