Aklamasi, Prof Sutarman Yodo Terpilih sebagai Ketua Dewan Profesor Untad

2.Taqwa - Aklamasi, Prof Sutarman Yodo Terpilih sebagai Ketua Dewan Profesor Untad (2)

Prof Dr Sutarman Yodo, SH., MH., secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Dewan Profesor Universitas Tadulako (Untad) periode 2016-2020, pada rapat pemilihan yang dilaksanakan pada Senin (10/10), di Ruang Senat, Lantai III Gedung Rektorat Untad.

Terpilihnya Prof Sutarman ini merupakan hasil musyawarah para guru besar Untad. Secara resmi, Prof Sutarman akan menggantikan Prof Dr Anhulaila yang telah menjabat sebagai Ketua Dewan Profesor sejak 2012.

Usai terpilih, Prof Sutarman menyampaikan ungkapan syukur sekaligus terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Menjadi Ketua Dewan Profesor, ujar Prof Sutarman, tentu harus menjadi lecutan bagi dirinya agar dapat meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik. Hal ini karena Ia akan memimpin gerbong yang anggotanya adalah para guru besar Untad.

“Alhamdulillah. Terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan guru besar yang memberikan kepercayaan kepada saya. Ini adalah amanah sekaligus tantangan bagi saya, apalagi saya memimpin rekan-rekan guru besar. Saya berharap, selalu ada nasihat dan saran bagi saya agar paguyuban guru besar Untad ini dapat dijalankan dengan baik,” jelas Guru Besar Ilmu Hukum kelahiran Donggala ini.

Berkenaan dengan itu, secara khusus dalam kesempatan tersebut, Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh. Basir, SE., MS, juga menyampaikan langsung ucapan selamatnya kepada Prof. Sutarman. Prof. Basir menyampaikan, selaku yang diberi amanah memimpin Untad, Ia selalu mendukung berbagai program paguyuban guru besar Untad.

“Sama seperti periode sebelumnya, jika ada kegiatan atau program yang ingin dilaksanakan, segera sampaikan kepada saya. Insya Allah, setiap program Dewan Profesor akan selalu kami dukung untuk dilaksanakan,” ujar Prof  Basir.

Rektor juga mempercayakan kepada Prof Sutarman untuk segera menyodorkan nama Wakil Ketua, Sekretaris, dan pengurus lain yang akan mendampinginya. Hal ini agar paguyuban dewan profesor periode 2016-2020 dapat langsung bekerja menjalankan program yang direncanakan.

“Saya juga menitipkan pesan khusus kepada Warek Biduk dan Warek Canwas-Jamdik untuk memperhatikan usulan dari dewan profesor. Tidak lupa, kami akan segera menyiapkan ruangan baru yang representatif untuk ditempati oleh pengurus paguyuban dewan profesor. Mari bersama bekerja untuk memajukan Untad,” pesan Rektor.

Sebelumnya, usai rapat yang dipimpin oleh Ketua Panitia, Prof H Hasan Basri, MA., PhD., itu dibuka secara resmi, langsung muncul usulan dari anggota forum untuk mengedepankan musyawarah dalam memilih Ketua Dewan Profesor. Oleh Prof Hasan Basri, forum rapat diberikan kebebasan untuk mengusulkan nama calon ketua.

Berkenaan dengan itu, Prof Burhanuddin Sundu dan Prof H Hanafie Sulaeman langsung memberikan tanggapannya dan mengusulkan Prof Sutarman Yodo untuk memimpin paguyuban Dewan Profesor Untad. Usulan tersebut langsung diamini dan disetujui oleh peserta rapat. tq