Dialog Akademik Prodi Matematika 2016, Hadirkan Inspirasi dan Bangun Apresiasi Prestasi

Sabtu (17/09), Program Studi Matematika kembali mengadakan Dialog Akademik di Aula Fmipa Untad. Kegiatan yang telah berlangsung sebanyak 7 kali ini merupakan agenda rutin Prodi Matematika di setiap awal semester yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif prodi Matematika Fmipa Untad dengan mengusung tema “Mathematics: Overview of Various Orientation”.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 Wita ini dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika, Djunaidi, PhD. Dalam sambutannya, Djunaidi sangat berharap agar para dosen maupun mahasiswa di jurusan matematika tetap aktif dalam kegiatan- kegiatan kompetisi, penelitian dan sebagainya. “Saya berharap kepada dosen-dosen di jurusan matematika untuk tetap aktif melakukan kegiatan – kegiatan penelitian, pengabdian, yang disiapkan oleh fakultas dan ada juga dari jurusan . Saya juga berharap mahasiswa aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan berupa PKM dan sejenisnya,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi yaitu pemaparan mengenai 4 KBK yang ada di Prodi Matematika Fmipa Untad yaitu Analisis dan Geometri, Aljabar dan Kombinatorika, Matematika Terapan dan Komputasi Numerik, serta Riset Operasi dan Pengolahan Data. Sementara itu sesi kedua diisi dengan diskusi antara dosen dan mahasiswa mengenai struktur kurikulum program studi matematika.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi perkuliahan di semester sebelumnya ini menghadirkan Rizki Amalia, alumni Jurusan Matematika FMIPA angkatan 2009 yang melanjutkan S2 di Jurusan Ekonomi Pascasarjana Untad dan lulus dengan predikat Cumlaude. Kehadiran Rizki Amalia turut memberikan semangat pada mahasiswa yang mengikuti dialog akademik

“Awalnya perkuliahan di Matematika menurut saya cukup berat. Peralihan antara matematika SMA dan yang didapat di bangku perkuliahan sangat berbeda. Saya sempat berniat untuk pindah jurusan. Tapi akhirnya atas nasehat dari orang tua, akhirnya saya tetap menjalani  perkuliahan hingga wisuda di akhir 2013. Lalu saya melanjutkan S2 di Jurusan Ekonomi Pascasarjana Untad. Awalnya dosen-dosen saya disana sempat mempertanyakan pilihan jurusan yang saya ambil. Namun saya bisa membuktikan bahwa saya mampu lulus S2 di Jurusan Ekonomi ini dengan predikat cumlaude,” ungkapnya.

Rizki berharap pada mahasiswa agar memiliki target dalam menyelesaikan studinya. Sehingga dapat lulus kuliah tepat waktu. “Saya berharap adik-adik memiliki target dalam menyelesaikan kuliahnya. Contohnya target menyelesaikan magang dan KKN, serta target dalam menyelesaikan skripsi,” ujarnya.

Pada dialog akademik ini juga berlangsung pemberian apresiasi berupa uang tunai senilai masing-masing Rp. 500.000 serta piagam kepada dua mahasiswa prodi Matematika angkatan 2014 dan 2015 yang berhasil meraih IP tertinggi di angkatan masing-masing pada semester sebelumnya, yaitu Nofianto Hari Wibowo (2014) dengan IP 3,88 dan Widya Oktaviana (2015) dengan IP 4,00. Nr

 

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here