KPID Sulteng Bekerja Sama Dengan Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Literasi Media

1. Nadia - Berita KPIDSenin (26/9), Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Tadulako bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah (Sulteng) selenggarakan Dialog bertajuk Literasi. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Senat FISIP ini mengusung tema “Media Penyiaran dan Perkembangannya”.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (Wadek Bidak) FISIP, Dr. Muhammad Nawawi, M.Si. dan dihadiri oleh Kepala KPID Sulteng, Drs. H. Andi Maddukelleng, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr. Muhammad Khairil, S.Ag, M.si, Dosen Ilmu Komunikasi, dan Mahasiswa FISIP.

Dalam sambutannya, Madukelleng mengatakan bahwa dialog ini bertujuan agar mahasiswa dapat menjadi penyambung lidah antara KPID dan masyarakat. “Bukan sekedar menerima pesan-pesan media begitu saja, namun juga mampu mempertanyakan, mengkritisi, dan menggunakan media secara tepat. Sehingga masyarakat mampu mengawasi tontonan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moral dan adat,” ungkap Maddukelleng.

Lebih lanjut ketua KPID ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut berdasarkan dengan tugas KPID sebagai lembaga yang independen mengawasi siaran televisi dan radio yang tidak bermanfat untuk masyarakat sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002.

Senada dengan Maddukelleng, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi menghimbau kepada seluruh peserta, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi melalui kegiatan ini ke depannya dapat memberikan siaran yang bermanfaat melalui Untad TV yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk ananda sekalian, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam mengelola siaran Untad TV. Agar siaran kita semakin baik untuk ditonton. Melalui kegiatan ini kita juga mampu menjadi penonton yang cerdas, yang dapat memilih tontonan yang positif,” terang Khairil.

Pada kesempatan tersebut, materi dipaparkan Komisioner KPID Sulteng Bidang isi siaran, Retno Ayu Ningtias dan Mahfud A.R. Kambay, S.P. Dalam pemaparannya, kedua pemateri tersebut menekankan fungsi KPI  yaitu mewadahi dan menerima aspirasi masyarakat. Sehingga pemateri berharap kepada seluruh dapat melaporkan atau menghubungi KPID jika mendapati tayangan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma.Ndh