Training Of PKM 2016, UKPM Tebar Virus Semangat Pimnas Ke Mahasiswa FKIP

3. Mahfudz TOM

Unit Kegiatan Penalaran Mahasiswa (UKPM) FKIP UNTAD kembali melaksanakan kegiatan Training of PKM untuk ketiga kalinya, Sabtu (24/09). Kegiatan yang digelar selama dua hari itu merupakan kegiatan berbasis pelatihan tentang Program Kreativitas Mahasiswa yang setiap tahunnya dikompetisikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Media Tadulako dengan jumlah peserta 25 orang yang berasal dari berbagai program studi dalam lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nico Setyono selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan, Training of PKM tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya pelatihannya lebih fokus untuk memahamkan peserta dalam membedakan masing-masing bidang PKM, tahun ini panitia justru lebih mengutamakan tiga komponen utama dalam pembuatan PKM. Diantaranya Ide, Penulisan dan penyusunan Tim.

Kegiatan yang mengusung tema “Meraih Prestasi Menuju PIMNAS” itu menghadirkan tim Auni Ade Putri, perwakilan Universitas Tadulako yang tampil di ajang PIMNAS 29. Kehadiran Tim Auni ini untuk menginspirasi para peserta dengan  mempresentasikan ide dan gagasanya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Mahfudz Mahdang selaku Ketua Umum UKPM FKIP UNTAD, dalam sambutannya, Mahfudz menjelaskan bahwa Program Kreatifitas Mahasiswa tersebut menjadi program wajib yang harus diikuti oleh seleuruh mahasiswa. Sebab menurutnya, ini merupakan program yang sangat menunjang peningkatan karefitasi kampus.

“Program Kreatifitas Mahasiswa ini merupakan program yang harus diikuti oleh Mahasiswa, karena secara tidak langsung, semakin banyak Mahasiswa yang mengikuti program ini, akan menjadi poin penilaian dalam meningkatkan Akreditas Kampus kita,” ujarnya.

Masih menurut Mahfudz, bahwa Training of PKM ini diupayakan dapat menjadi bentuk persiapan dalam menghadapi masa pendaftaran PKM tahun 2016 yang akan didanai tahun 2017 nantinya.  Ia juga berharap agar peserta yang mengikuti Training of PKM ini menjadi virus semangat bagi Mahasiswa FKIP lainnya untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa.

Hadir pula Inisiator UNTAD to PIMNAS, Satrio Amrullah. Kali ini Satrio menjadi narasumber dalam sesi Cerita Tadulako tentang PIMNAS. Dalam sesinya, Satrio memaparkan bahwa 3 tahun terakhir jumlah perwakilan UNTAD dalam ajang PIMNAS justru semakin menurun. Pada tahun 2014, ada lima tim yang berhasil lolos untuk mengikuti ajang PIMNAS. Namun dua tahun terakhir, 2015 dan 2016 hanya ada 1 tim yang bisa lolos mengikuti ajang bergengsi tersebut. Md

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here