Gelar Dua Workshop, Prodi Matematika Tingkatkan Kapasitas Riset Mahasiswa.

3 Wokshop MatematikaProgram Studi Matematika Fmipa Untad menggelar dua workshop sekaligus, yaitu Workshop on Mathematical Subjects Strengthening dan Mathematical Modeling, di ruang senat lama dan laboratorium komputer Fakultas Mipa selama 5 hari (14-18/11).  Dengan mengusung tema “Empowering The Quality of Mathematics Study Program Students“, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas riset mahasiswa melalui penguatan mata kuliah.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Juni Wijayanti Puspita, S.Si., M.Si, selaku penanggung jawab kegiatan ini. “Untuk meningkatkan kapasitas riset mahasiswa tapi lewat penguatan mata kuliahnya. Jadi kalau mata kuliahnya kuat, otomatis kita bisa berkembang ke riset. Kalau workshop yang kedua betul-betul model matematiknya. Sama seperti workshop yang pertama, tapi lebih difokuskan lagi,” terangnya.

Workshop yang dibimbing langsung oleh Dr. Frits Van Beckum, dosen dari Universiteit of Twente ini telah kali kedua dilaksanakan setelah sebelumnya terlaksana pada 2013 silam, dengan dibantu oleh beberapa dosen.

Dalam workshop pertama yaitu Mathematical Subjects Strengthening yang berlangsung selama 2 hari, para peserta diberi materi dan soal tentang kalkulus dan persamaan differensial.

Sementara di workshop kedua yaitu Mathematical Modeling yang berlangsung selama 3 hari, para peserta yang terbagi dalam empat kelompok lebih difokuskan dalam pembuatan model matematika serta penyelesaiannya dari empat topik yang berbeda. Menariknya, peserta tidak hanya dibimbing dalam menyelesaikan masalah dari topik-topik tersebut, namun juga harus mempresentasikannya.

Dra. Rina Ratianingsih, M.Si, selaku ketua prodi matematika, mengungkapkan kepuasannya atas kegiatan ini. “Luar biasa. Selama periode kepengurusan 2013 hingga nanti januari 2017, saya mencanangkan saat itu setiap kegiatan harus berbasis mahasiswa, dan sekarang sudah kelihatan kemampuan dan kapasitasnya dalam bekerja, dalam menyampaikan hasilnya apa. Siapapun nanti yang akan melanjutkan kegiatan ini saya mengharapkan berada pada starting point kualitas kegiatan mahasiswa yang ada disini.” Ungkapnya.

Sementara itu, Frits yang ditemui pada kesempatan lain berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini akan membawa pandangan baru dalam matematika. “Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini akan memberikan pencerahan baru, pandangan baru dalam matematika. Mungkin nanti mahasiswa bisa lebih distimulasi dalam kegiatan seperti ini” tutupnya.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Prodi Matematika yang telah mendaftar sebelumnya, namun khusus untuk Workshop Mathematical Modeling yang merupakan workshop utama, secara khusus diikuti oleh 20 orang yang sebelumnya telah diseleksi terlebih dahulu. Nr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here