Kuliah Umum Fakultas Hukum Untad, Hadirkan Prof Dr Philipus M Hadjon SH.

Rabu (26/10), Fakultas hukum Universitas Tadulako bekerja sama dengan Pascasarana mengadakan kuliah umum yang mendatangkan langsung dosen Universitas Airlangga, Prof Dr.Philipus M Hadjon, S.H. Kegiatan yang digelar di IT Centre tersebut dihadiri oleh sejumlah mahasiswa S1, S2 dan alumni serta Dosen Fakultas Hukum Untad.

Kegiatan yang dimulai pukul 15.00 WIta tersebut menguung tema “Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) dalam pusaran wacana amandemen V UUD negara RI 1945. Antara yang terlupakan dan yang dirindukan menurut Prof Dr.Philipus M Hadjon, S.H.”

Prof. Hadjon, begitu sapaan akrabnya, mengutarakan dalam materinya, bahwa GBHN ialah haluan negara tentang penyelenggaraan negara dalam garis-garis besar sebagai pernyataan kehendak rakyat secara menyeluruh dan terpadu. GBHN ditetapkan oleh MPR untuk jangka waktu 5 tahun. Dengan adanya Amendemen UUD 1945 dimana terjadi perubahan peran MPR dan presiden, GBHN tidak berlaku lagi.

Pembahasan terkait GBHN berlangsung kurang lebih dua jam. Antusian peserta kuliah umum juga sangat terlihat. Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi diskusi dinamis yang di pandu oleh Dr. Muhamad Tavip, SH MH. Era