MPM An-Nahl Berikan Pemahaman Dakwah dan Kepemimpinan Islam Pada Calon Anggota Baru

3 Pendaki An Nahl

Mahasiswa Pecinta Mushalla An-Nahl Fakultas Peternakan dan Perikanan (MPM An-Nahl Fapetkan)  memberikan pemahaman tentang kepemimpinan islam kepada calon anggota barunya, pada jum’at hingga ahad, (3-5/11). Dalam hal tersebut, para calon anggota baru diikutkan dalam kegiatan Pendidikan Dasar Kepemimpinan Islam (PENDAKI).

Menurut Iyan Pramadana selaku Ketua MPM An-Nahl Fapetkan, kegiatan Pendaki akan diselenggarakan dalam dua tahapan, yakni Pendaki 1 dan Pendaki 2. Setiap calon anggota baru diwajibkan untuk mengikuti kedua tahapan tersebut.

“Pendaki merupakan suatu agenda atau bentuk kegiatan penerimaan anggota baru MPM An-Nahl. Pendaki ini terdiri atas dua tahapan. Dan saat ini adalah pendaki tahap pertama.Sehingga peserta yang ikut ditahap ini masih dalam kategori calon anggota.”

Komitmen mereka bergabung dalam kepengurusan MPM An-Nahl, Iyan melanjutkan, masih akan diuji selama beberapa waktu kedepan hingga pelaksanaan Pendaki tahap dua yang juga wajib untuk mereka ikuti. Setelah itu, baru akan dipertimbangkan untuk masuk dalam kepengurusan.

Sebagai lembaga dakwah fakultas, dalam kegiatan tersebut para peserta juga disampaikan materi tentang pentingnya menjalankan dakwah islam. Ustad Hartono Yasin, salah satu pemateri yang diundang di kegiatan itu memaparkan bahwa dakwah hakikatnya adalah suatu ajakan atau seruan untuk melakukan kebaikan, beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari’at-Nya.

Selain itu, pimpinan Pondok Pesantren Mahasiswa Liwa’ul haq Vatutela ini juga menekankan bahwa dakwah bukan hanya menjadi tugas ulama, Haba’ib, Ustad, Ustadzah, ataupun Kiyai, melainkan menjadi tugas seluruh kaum muslimin.

“Dakwah adalah tugas setiap orang yang mengaku sebagai muslim, orang yang mengaku sebagai pengikut Rasulullah SAW. Sebab tugas menjalankan dakwah ini telah tercantum dalam firman Allah SWT di dalam Kitab Suci Al-Qur’an serta termaktub dalam hadits rasulullah SAW.” Tegas Ustad Hartono.

Lebih lanjut kepada peserta yang merupakan mahasiswa Fapetkan angkatan 2016 Ustad Hartono menuturkan, mahasiswa sebagai pemuda intelektual harapan bangsa harus mempunyai semangat yang tinggi dalam menjalankan dakwah sebagaiamana semangat para pemuda di zaman Rasulullah SAW. Pungkasnya.

Kegiatan Pendaki MPM An-Nahl yang bertempat di ruang Senat Fakultas Peternakan dan Perikanan ini diselenggarakan selama tiga hari. Kegiatan Pendaki juga diisi dengan games-games ukhuwah. Ketua panitia Pendaki, Jumadil Ibnu Kallada mengatakan, games tersebut bertujuan untuk  lebih saling mengakrabkan diridengan antara pengurus MPM An-Nahl dengan para peserta begitupun sebaliknya. Dengan begitu, diharapkan dapat membangun suasana kekeluargaan didalam MPM An-Nahl. (Wn)

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here