Persiapkan Kader Produktif, BEM Fakultas MIPA adakan Sekolah Manajemen Kelembagaan

1. Nur - SKMBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Untad menyelenggarakan Sekolah Manajemen Kelembagaan pada Sabtu (12/11), di FM 02 Fakultas Mipa. Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Cerdas dan Bertanggung Jawab dalam Kelembagaan FMIPA” ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberi bekal dalam berorganisasi kepada para peserta yang terdiri atas delegasi dari berbagai himpunan serta UKF yang ada di Fakultas MIPA.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Rustam Efendi, S.Si., M.T dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini, “Terus terang kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang saya tunggu-tunggu, Sehingga, saya mengharapkan bahwa kegiatan ini, sekolah manajemen kelembagaan fakultas mipa bisa dijadikan sebagai kegiatan rutin, nanti teknis pelaksanaanya bisa ditingkatkan kualitasnya. Karena ini memang betul-betul kita butuhkan untuk persiapan menjadi pengelola lembaga fakultas mipa” tuturnya.

Masih dalam sambutannya, Rustam juga menekankan pentingnya manajemen kelembagaan. “Salah satu tujuannya adalah beradaptasi dengan semakin rumitnya kebutuhan kita terhadap manajemen kelembagaan. Contohnya Administrasi, baik administrasi secara umum maupun keuangan. Salah satu indikasi suatu lembaga mapan, yaitu administrasinya rapi. Sehingga saya harapkan melalui kegiatan ini minimal bisa memberikan pencerahan, pemahaman dasar. Ini penting, kenapa? Karena hal ini akan diterapkan di lembaga-lembaga, khususnya yang akan menjadi pengurus, maupun yang bukan pengurus. Semua mahasiswa Mipa berpeluang untuk menjadi panitia dimana saja,” jelasnya.

Lanjutnya, sekolah manajemen kelembagaan merupakan miniatur dari sistem administrasi kelembagaan yang ada diluar, baik administrasi umum maupun keuangan. “Kalau miniaturnya sudah mantap, maka insya Allah di masyarakat nanti tidak akan mengalami kesulitan, karena kita sudah secara manual melakukan proses pembinaan disini.” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Ketua BEM Fmipa, Asmar, kegiatan ini merupakan salah satu wadah dalam mempersiapkan pengurus-pengurus kelembagaan yang produktif. “Sekolah Manajemen Kelembagaan ini adalah untuk mempersiapkan pengurus-pengurus kelembagaan yang produktif , sehingga tidak menutup kemungkinan yang mengikuti kegiatan ini pada saat periode kedepan terpilih atau diamanahkan menjadi pengurus maka dia tidak lagi mulai dari nol, tetapi sudah ada bekal, sudah ada referensi yang dia dapatkan” terangnya.

Asmar juga menekankan bahwa keberhasilan suatu lembaga bukan dilihat dari masanya, tetapi dilihat setelah masanya. “Untuk itu, kami berharap bahwa setelah selesai dari sini para peserta dapat meneruskan langkah, idenya, dan geraknya dalam lembaganya masing-masing, di himpunan atau pun di UKF” tegasnya.

Ia juga berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya sudah siap jika diberi tanggung jawab dalam kelembagaan sesuai dengan amanahnya masing-masing, “Intinya, nantinya mereka-mereka ini sebagai tonggak estafet yang betul-betul akan melanjutkan kelembagaan ke depan” tutup Asmar. (Nr)

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here