Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi Hadirkan Ketua Umum ASPIKOM

Foto : Dok. Untad TV
Foto : Dok. Untad TV

Rabu (30/11), Program Studi Ilmu Komunikasi selenggarakan Kuliah Umum dengan menghadirkan Dr. Heri Budianto, M.Si, Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) sebaga narasumber. Dalam kuliah umum yang dilaksanakan di Ruang Senat Baru Universitas Tadulako ini, Dr. Heri Budi membawakan materi dengan topik “Identitas Etnik dan Agama dalam Kampanye Politik”.

Diawal penyampaian materinya, Dr. Heri Budi menyinggung tentang kasus penistaan agama yang tengah menjadi topik hangat karena PILKADA saat ini. Yang ternyata aromanya sampai ke Palu meskipun peristiwanya jauh di Jakarta. Karena pada dasarnya, berbicara tentang politik identitas pastinya berkaitan dengan SARA.

“Di dalam politik adalah sebuah hal yang tidak mungkin yang terkait dengan etnisitas, suku, agama, dan ras itu tidak dibawa. Relasi antara agama dengan politik itu akan terus ada. Sehingga yang perlu kita waspadai kalau kita berbicara tentang politik identitas dalam kerangka NKRI adalah bagaimana kebhinekaan itu menjadi harga mati bagi kita,” Ujar Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta ini.

Dr. Heri Budi juga menjelaskan, orang komunikasi harus melihat realitas yang ada ini melalui kacamata komunikasi, bukan melihat realitas politik dengan kacamata ilmu politik murni. Menurutnya, ini juga yang kadang-kadang harus dipahami, terkait bagaimana melihat soal politik identitas dari kacamata disiplin ilmu yang ditekuni.

“Kalau kita orang komunikasi melihat realitas itu harus dari kacamata komunikasi, bukan melihat realitas politik itu dari kacamata ilmu politik murni. Ini juga yang kadang-kadang harus kita pahami. Bagaimana kemudian kita melihat soal politik identitas ini dari kacamata ilmu kita. Ini yang penting,”

Tidak lupa, Dr. Heri Budi mengimbau kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk lebih cerdas melihat pertarungan yang ada di media sosial saat ini.

Berbicara tentang etnisitas dan agama tidak lepas dari politik identitas. Lebih jauh, Dr. Heri Budi menyampaikan, saat kita berbicara mengenai politik identitas ada dua hal saja yang penting untuk dilihat, yaitu Political Difference dan Political Marketing.

Sebelumnya, Dr. Muhammad Khairil, S.Ag, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi yang pada kesempatan ini mewakili Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Heri Budi yang telah menyempatkan waktu diantara kesibukannya untuk dapat membawakan kuliah umum Prodi Ilmu Komunikasi.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan efek pembelajaran berharga bagi kita, khususnya dalam konteks politik identitas. Semoga ini bisa memberikan banyak makna bagi kita yang hadir disini,” Tutur Dr. Khairil.

Selain diikuti oleh para dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Palu, Dr. Syamsuri, S.Ag, M.Ag, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIPOL Palu, Drs. Ruslan, M.Si. Kuliah umum ini dirangkaikan dengan pelantikan pengurus wilayah ASPIKOM Sulawesi Tengah dan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah. ndh

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here