Rapat Kerja Perdana FMIPA Untad, Dekan: Akreditasi Menjadi Target Kita

2. Nur

Sabtu (3/12), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan Rapat Kerja Pemantapan Penyusunan Program Kerja Tahun 2017 dan Rencana Kerja Tahun 2018. Dalam rapat yang berlangsung di Ruang Aula Taipa Beach Palu membahas antara lain rencana pembukaan beberapa program studi baru, pemanfaatan Website Fmipa, kegiatan akademik dan kemahasiswaan, serta sarana dan prasarana fakultas.

Dalam laporannya, ketua panitia, Rosmiaty SE mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan program kerja tahun 2017 serta rencana kerja tahun 2018 di Fakultas Mipa. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang program kerja 2017 dan rencana kerja 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Mipa, Dr Muh Rusydi H MSi dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan demi perbaikan fakultas ke arah yang lebih baik.  “Kegiatan ini kita laksanakan karena ada keinginan besar dari kita di fakultas untuk memperbaiki setiap langkah kita ke depan. Apa yang telah kita lakukan yang lalu tentu perlu kita perbaiki, ada hal-hal yang tentu kurang disana-sini. Dalam kaitan itulah sehingga kita perlu melakukan rencana ke depan, memperbaiki hal-hal yang masih kita anggap kurang,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa akreditasi menjadi target, sebab tujuan akreditasi  adalah memperbaiki manajemen, peningkatan mutu sekaligus pada akhirnya akan mencapai visi yang dicita-citakan.

“Mengapa harus akreditasi? Saya pikir ini menjadi target kita karena kalau kita perbaiki akreditasi maka yang lain akan ikut. Kita berharap dengan akreditasi yang kita jadikan target maka yang lain-lain jadi ikut, semua perbaikan berdasarkan akreditasi. Jadi ukuran kita adalah apa yang ada di dalam standar-standar yang sudah kita buat di dalam akreditasi,” terangnya.

“Tujuannya adalah tentu untuk memperbaiki manajemen. Kalau manajemennya sudah kita perbaiki maka akan meningkat menjadi peningkatan mutu. Kalau terjadi peningkatan mutu maka visi kita akan tercapai. Jadi tujuan daripada akreditasi memperbaiki manajemen, peningkatan mutu sekaligus pada akhirnya akan kita mencapai visi yang kita cita-citakan, ” tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan, staf dan tenaga kependidikan di FMIPA, serta Tim Perumus yang terdiri atas 5 orang mewakili seluruh jurusan yakni Prof Dr Ramadhanil MSi, Yutdam Mudin SSi MSi, Junaidi PhD, Dr Ahmad Ridhay SSi MSi, serta Akhmad Kumaidi SSi. Nr