DIES NATALIS FAPETKAN KE-4 DEKAN : INI MOMENTUM PERENUNGAN, EVALUASI DAN RESOLUSI

Pelepasan Balon Dies Natalis oleh Dekan Fapetkan bersama Rektor
Pelepasan Balon Dies Natalis oleh Dekan Fapetkan bersama Rektor

Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Tadulako kembali menyelengarakan Dies Natalis di usianya yang memasuki tahun ke-4. Menurut Dekan Fapetkan, Prof Dr Ir Burhanudin Sundu MSc Ag PhD peringatan hari jadi ini merupakan momentum perenungan, evaluasi dan resolusi.

“Dies Natalis ini merupakan momentum untuk merenung sudah seperti apa kita. Perkembangan dari titik nol samapai ke titik 4 tahun ini sudah apa yang kita buat, apakah perkembangan ini sudah berada dalam rel yang yang diharapkan atau masih terseok-seok. Ini menjadi evaluasi dalam proses ini. Berdasarkan evaluasi ini kemudian menjadi sebuah resolusi untuk menentukan langkah yang akan dilakukan kedepan,” tuturnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Dekan Fapetkan yang baru dilantik pada 27 Desember 2016 lalu juga menyampaikan visi besarnya kedepan yakni menggiring Fapetkan untuk menjadi Fakultas yang bereputasi International.

“Berbicara tentang Fapetkan kedepan, dalam bayangan saya adalah fakultas ini digiring untuk bisa bereputasi international. Atmosfer international diperlukan sebab ini merupakan tuntutan perkembangan dunia, karena kita merupakan bagian dari warga dunia. Ini merupakan keinginan besar kami,” jelas Prof Burhanudin Sundu.

Prof Bur, begitu sapaan akrabnya mengatakan, Fapetkan akan berupaya membangun jalan untuk merealisasikan visi tersebut melaui program-program baik dalam segi akademik maupun fisik.

“Kedua hal ini bagaikan dua sisi mata uang logam yang harus bersamaan. Yang akan dilihat tidak hanya sisi akademiknya, tetapi juga yang akan dilihat adalah sisi fisiknya, dan begitupun sebaliknya,” terangnya.

“Semua rencana tersebut,” Lanjut Prof Bur, “hanya akan dicapai jika ada kebersamaan, karena hanya dengan kebersamaan kita akan memperoleh kekuatan, dengan kekuatan itulah kemudian kita bisa meraih kesuksesan.

Senada dengan itu, Ketua Panitia penyelenggara Dies Natalis Ke-4 Fapetkan Dr Ir Zakirah Raihani Ya’la Msi berharap, momentum hari jadi Fapetkan ini tidak sekedar dimaknai sebagai sebagai uforia, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan kualitas agar Fapetkan lebih baik kedepannya.

“Kami berharap, jangan sampai Dies Natalis ini hanya sekedar menajdi moment uforia. Kita harus flashback ke belakang. Usia 4 tahun ini menjadi pembelajaran untuk kedepannya agar kita bisa meningkatkan kualitas di segala aspek sehingga kedepannya fapetkan bisa lebih baik lagi,” tutup Dr Zakirah.

Menyemarakkan hari istimewa yang menjadi sejarah penting bagi fakultas termuda ini, terdapat berbagai rangkaian lomba, lomba cerdas cermat mahasiswa, lomba persentasi mahasiswa, pameran kreativitas mahasiswa dan lomba tangkap belut. Adapula kegiatan lainnya yakni penataan lingkungan, jalan sehat, donor darah dan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Palu. Selain itu, turut dimeriahkan pula oleh demonstrasi perawatan wajah dari Mustik Ratu, demonstrasi pencucian emas dari Bank Syariah Mandiri, serta pameran mobil oleh Toyota. (Wn)