Laksanakan RTE 2017 Rumah Bahari Gemilang Kembali Luaskan Keterlibatan Publik

Rubalang the Explorer

Setelah sukses laksanakan Rubalang The Eksplorer (RTE) tahun kemarin di Pulau Kabetan Kab. Toli-Toli, tahun 2017 ini Rumah Bahari Gemilang (Rubalang) kembali laksanakan social project RTE selama satu pekan (16–22/01/17) dengan tema Menyalakan Harapan Pesisir. Kegiatan yang merupakan kali ketiga dilaksanakan sejak tahun 2015, mimilih Pulau Madilao yang ada di Daerah Kab. Morowali sebagai daerah sasaran.

Moh. Tofan Saputra selaku Direktur Rubalang menjelaskan, RTE merupakan program ekspedisi pendidikan yang bertujuan untuk melahirtumbuhkan optimisme pendidikan pesisir, karena memang fokus dari Rubalang merupakan wilayah pesisir.

“Rubalang ini memang dari awal dicanangkan sebagai program yang berbasis ekspedisi pendidikan, Alhamdulillah sudah ketiga kalinya kita laksanakan. Tujuannya sederhana, untuk melahirtumbuhkan optimisme pendidikan pesisir, karena memang fokus wilayah kita di bagian pesisir,” ungkap Mahasiswa Jurusan Perikanan tersebut.

Tofan juga menambahkan, dengan berbagai ragam agenda, Rubalang pun sebagai Komunitas yang lahir dari Program Kreatifitas Mahasiswa, tentunya selalu membuka keterlibatan dari semua pihak. Temasuk beberapa lembaga internal kampus seperti Robotech Tadulako, UKPM FKIP UNTAD, Permadani Diksi UNTAD, yang juga turut terlibat dalam Agenda Ekspedisi Pendidikan tersebut, semuanya memiliki bagian masing-masing dalam agenda RTE kali ini.

Faruq sebagai project leader RTE tahun ini memaparkan, ada empat agenda utama yang disiapkan ke Pulau Madilao. Pertama, Kelas Gemilang,  Festival anak pesisir, Kado Awal Tahun, dan jelajah bahari. “ Ada tiga agenda yang kami siapkan. Pertama, Kelas Gemilang ; merupakan ruang aktifitas belajar-mengajar bersama anak-anak dengan konsep indoor maupun outdoor. Kedua, ada Festival Anak Pesisir ; sebuah festival yang diisi dengan pameran edukasi, lomba kreatifitas, pergelaran seni dan lain sebagainya. Ketiga, dari Rubalang juga menyiapkan kado awal tahun yang menjadi Paket Semangat untuk anak-anak di Pulau Madilao, khususnya di SDN Pulau dua barat. Keempat, ada agenda Jelajah bahari sebagi refleksi kebangsaan untuk Tim RTE,” Jelas Faruq. Md