Pelantikan Ketua Majelis Mahasiswa, Rektor : Kampus Tempat Belajar Politik, Bukan Tempat Untuk Berpolitik

pelantikan ketua MM

“Kampus adalah tempat belajar politik, bukan tempat untuk berpolitik. Semua proses yang dilakukan adalah bagian dari proses pembelajaran,tegas Prof Dr Ir H Muhammad Basir SE MS, dalam sambutannya pada acara pelantikan Majelis Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) di ruang Senat Gedung Rektorat Untad pada Rabu lalu (11/01).

“Jangan sampai anak-anakku, pengurus-pengurus lembaga kemahasiswaan terlarut dalam politik praktis. Bertindaklah sebagaimana kalian atas nama mahasiswa,” tukas Rektor.

Dalam kesempatan itu, Rektor mengatakan bahwa kampus adalah gambaran dari sebuah negara. Majelis mahasiswa jika diangkat ke derajat yang lebih tinggi adalah seolah-olah majelis perwakilan rakyat di tingkat negara. Begitupun dengan presiden mahasiswa, seolah-olah sebagai presiden atau kepala pemerintahan lainnya. Karena sifatnya seolah-olah, penerapan yang sesungguhnya baru akan diaplikasikan pasca kampus, saat benar-benar telah menempati posisi-posisi tersebut.

“Jika kalian betul-betul menjadi kepala pemerintahan atau wakil rakyat, disaat itulah baru akan diterapkan ilmu hasil pembelajaran keorganisasian yang didapatkan selama di kampus ini,” tutur Rektor.

Lanjutnya, Rektor berpesan kepada pengurus Majelis Mahasiswa (MM) yang dilantik pada hari itu, agar selalu melakukan koordinasi dengan birokrasi kampus, khususnya wakil rektor bidang kemahasiswaan. Serta tak kalah penting adalah saling berkoordinasi dan menjaga hubungan baik dengan UKM-UKM yang lain sehingga proses kinerja lembaga kemahasiswaan khususnya MM kedepannya dapat berjalan lancar dan maksimal.

“Silahkan jalankan apa yang menjadi program dari lembaganya masing-masing, jangan sampai terjadi saling sikut menyikut antara satu dengan yang lain, ” lanjut Prof Basir.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr H Djayani Nurdin SE MSi dalam sambutannya pada kesempatan yang sama mengatakan, agar selalu meluangkan waktu untuk melayani mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan lembaga kemahsiswaan.

“Kepada MM dan seluruh perwakilan lembaga kemahasiswaan saya berharap agar selalu menjalin komunikasi yang baik antara lembaga kemahasiwaan dengan birokrasi,” harapnya.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, wakil-wakil dekan se-lingkup Untad dan juga unit-unit kegiatan mahasiswa dalam lingkungan Untad baik tingkat universitas maupun tingkat fakultas.

Kepada awak Media Tadulako, Arto mengemukakan inisiasinya kedepan terkait MM untuk lebih memperjelas fungsi sebagai lembaga yang mengurusi kebijakan-kebijakan terkait lembaga kemahasiswaan di Untad. Selain itu, menyambut pesan Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Arto berharap MM dan segenap lembaga kemahasiswaan akan lebih bersinergi untuk mengembangkan lembaga kemahasiswaan di Untad. (Wn)

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here