Pelatihan Peningkatan Kinerja Tenaga Kerja Kontrak, Rektor Untad : “Perbanyaklah Senyum”

Foto : Taqyudin
Foto : Taqyudin

Pelayanan publik meliputi  segala bentuk jasa pelayanan baik dalam bentuk barang, maupun jasa, yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, termaksud yang ada di Universitas Tadulako (Untad). Karenanya, pada Senin, (16/01) sebanyak 585 orang  tenaga kerja kontrak memadati ruangan Media Centre, Untad, guna mengikuti  Pelatihan Peningkatan Tenaga Kerja Publik.

Dalam laporannya, Rudi Gosal SE MSi selaku ketua panitia mengatakan bentuk pelayanan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Pelayanan admistrasi, Pelayanan Bahan, dan Pelayanan Jasa. “Bentuk pelayanan terbagi tiga, yaitu pertama, Pelayanan Administrasi yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen. Kedua Pelayanan Bahan yang menghasilkan berbagai bentuk jenis barang. Dan ketiga,  pelayanan jasa yang menghasilkan berbagai jenis jasa yang dibentuk oleh publik misalnya jasa pendidikan yang kita akan laksanakan,” ucap Rudy Gosal.

Masih dalam laporannya, ditambahkannya, bahwa pelatihan bertujuan, membentuk tenaga pelayanan yang profesional, membentuk tenaga pelayananan yang  paham prosedur layanan, meningkatkan kemampuan administrasi tata persuratan dan meningkatkan kemampuan dalam etika pelayanan ini, diadakan karena Untad sebagai adalah salah satu institusi pelayanan publik yang berstatus Badan Layanan Umum yang ditetapkan pada tahun 2012, pada 2017 dengan konsentrasi pelayanan publik yang prima.

Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MSi menyampaikan dalam sambutannya, bahwa pelatihan ini adalah persyaratan untuk di SK kan. “Pelatihan ini adalah persyaratan, sehingga bagi mereka yang tidak memiliki sertifikat dari kegiatan ini Insya Allah tidak akan di-SK kan. Karena itu ikuti dengan baik pelatihan ini  dan bebrapa hari kedepan surat keputusan rektor akan segera diterbitkan yang akan menjadi legalitas formal,” kata Prof Basir.

Dengan adaanya kegiatan ini kata Prof Basir, peserta pelatihan dapat bersilaturahim karena bisa jadi sebelumnya belum pernah bertemu. “Kami yakin juga seluruh peserta pelatihan yang ada di dalam ruangan ini, ada yang belum pernah bertemu sebelumnya. Oleh karena itu pelatihan ini dilakukan bukan sekedar pemberian penguatan layanan, tetapi juga silaturahim antar sesama,”tambahnya.

Selain memberikan sambutan, Rektor  Untad juga menyampaikan dalam materinya bahwa orang gagal karena diandalkan apa yang dia Kuasai. Sementara ciri-ciri orang yang sukses adalah orang yang tidak berpuas diri dengan memiliki satu keterampilan, namun beberapa keterampilan lainnya, harus didalami dan dikuasai serta tidak mudah mengeluh.

Rektor juga menekankan untuk melayani mahasiswa dengan lebih baik, dan memperbanyak senyum agar mahasiswa merasa nyaman. Juga tidak membawa masalah keluarga saat melayani mahasiswa.serta yang terpenting selalu mengutamakan kepentingan mahasiswa. Eka

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here