SIDANG PROMOSI DOKTOR PROMOVENDUS MUH AGUS RAHMAT

Rabu, (18/01), Dilaksanakan sidang terbuka promosi doktor bidang ilmu pertanian konsentrasi kehutanan atas promovendus Muhammad Agus Rahmat, SP.MS dengan disertasi berjudul “Strategi Ekowisata di Dalam dan Sekitar Taman Nasional Lore Lindu”. Sidang dilaksanakan di gedung Media Center Universitas Tadulako.

Rektor universitas tadulako, Prof.Dr. Ir. H. Muhm Basir, SE.MS. yang bertindak sebagai pimpinan sidang, Penguji eksternal Prof. Dr. Ir. Marlon Aipassa, M.Agr, Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Ketua tim promotor, Prof. Dr. Ir. Syukur Umar, DESS, Sekertaris tim penguji, Prof. Ir. Rusdi M.Agr.Sc, Ph.D, beserta tim penguji lainnya.

Dalam sidang tersebut, Dr. Agus Rahmat memaparkan secara singkat hasil disertasinya selama melakukan penelitian, bahwa Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) dengan keanekaragaman hayati, atraksi alam yang bervariasi serta kebudayaan masyarakat yang mash terpelihara memiliki potensi menjadi kawasan ekowisata di Sulawesi Tengah jika dimaksimalkan dengan baik.

“Ekowisata merupakan industri yang berpotensi untuk d kembangkan di Sulawesi Tengah. Taman nasional lore lindu khsusunya di wilayah kab. Sigi, memiliki kekayaanhayati yang tinggi  berupa flora dan  fauna endemik, atraksi alam yang beragam, juga memiliki kebudayaan adat istiadat yang masih terpelihara. Menjadi tujuan wisata di Sulawesi Tengah. Namun, tingkat pendidikan dan kesejahteraan yang rendah serta pertumbuhan penduduk yang terus bertambah dapat mejadi masalah di kemudian hari jika tidak dikelola dengan baik,” Terang Dr. Agus Rahmat.

Sebagai kesimpulan, Dr. Agus Rahmat menyatakan bahwa kawasan Taman Nasional  Lore Lindu dinyatakan layak untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan ekowisata. Masyarakat lokal turut mendukung program ekowisata tersebut, dan dengan menggunakan peluang strategi untuk memaksimalkan peluang. Tak lupa pula, Dr. Agus Rahmat menghimnbau adanya kerjasama yang lebih baik antara tiga aktor utama yang menjadi penentu perkembangan Taman Nasional Lore Lindu, Balai Besar TNLL, Pemerintah Daerah, dan masyarakat.

Seperti dilansir Humas Rektorat Universitas Tadulako, Dr. Agus Rahmat mengungkapkan harapannya terhadap perkembangan Taman Nasional Lore Lindu serta Sulawesi Tengah agar kedepannya bisa lebih berkembang dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

“Saya mengharapkan kedepan nanti lingkungan di Sulawesi Tengah, Taman Nasional Lore Lindu, lebih khusus lagi desa-desa yang ada di sekitarnya ini bisa lebih sejahtera. Sehingga dengan kesejahteraan masyarakat ini harapan kami, Taman Nasional Lore Lindu juga akan semakin berkelanjutan. Harapan kami kedepannya, taman nasional lore lindu bisa menjadi kawasan ekowisata,” Ungakpnya.