Dekan Baru, Fahum Akan Bangun Atmosfer Akademik dilingkungan Fakultas

Sambutan Dekan Terpilih (FOTO : Taqyudin Bakri/Humas)
Sambutan Dekan Terpilih (FOTO : Taqyudin Bakri/Humas)

Pada Kamis (2/2) menjadi momen bersejarah bagi Fakultas Hukum (Fahum), untuk pertama kalinya fakultas ini menerapkan asas musyawarah mufakat dalam melakukan pemilihan Dekan. Dalam musyawarah mufakat ini terpilihlah Dr H Sulbadana SH MH sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Tadulako (Untad) periode 2017-2021.

Asas Musyawarah mufakat ini tidak lepas dari inisiasi Dekan Fakultas Hukum periode sebelumnya, Dr Johnny Salam SH MH. Dr Johnny meminta waktu untuk menyampaikan sarannya mengenai pemilihan dekan itu setelah rapat Senat di buka oleh Ketua Senat Fakultas Hukum, Dr Aminuddin Kasim SH MH. Dalam sambutannya Dr Johnny langsung menginisiasi dan mendorong agar Dekan Fakultas Hukum periode 2017-2021 ditetapkan secara aklamasi atas dasar musyawarah mufakat.

“Kita sudah melalui berbagai dinamika, termasuk pula sudah melalui proses ini secara sistematis. Kita juga sudah ketahui bersama, dalam pemungutan suara pada tahapan penyaringan, Dr Sulbadana meraih dukungan terbanyak. Untuk itu, dengan kerendahan hati dilandasi rasa persaudaraan, saya mendorong agar  Dr Sulbadana ditetapkan sebagai Dekan Fakultas Hukum tanpa voting lagi. Artinya, atas dasar musyawarah untuk mufakat, kita menetapkan secara aklamasi,” jelas Dr Johnny Salam.

Senada dengan itu, seluruh anggota senat Fakultas Hukum juga menyetujui usulan itu dan mendukung agar Dr Sulbadana dapat dipilih secara  aklamasi. Hal ini juga di terima oleh Dr Syamsuddin SH MH sebagai calon Dekan Fakultas Hukum, yang dengan kebesaran hati menyatakan sikap dan mendukung Dr Sulbadana secara aklamasi.

Saat ditemui oleh awak Media Tadulako usai terpilih menjadi dekan baru Fakultas Hukum, Dr Sulbana menyampaikan harapan serta pandangannya ke depan mengenai pengembangan Fakultas Hukum. Ia berharap ke depannya akan lebih menghidupkan suasana akademik di Fakultas Hukum itu sendiri.

“Harapan saya ke depannya dapat lebih meningkatkan atmosfer akademik di fakultas ini, hal ini tentunya tidak lepas dari peran dosen dan civitas akademik lainnya, sehingga ke depannya visi dan misi saya selaku Dekan dapat terlaksana yakni dapat menjadikan Fakultas Hukum menjadi fakultas yang rahmatanlil ‘alamin. Itulah yang saya inginkan,” pungkasnya. (Wrd)