Dr. Anshari: Rajin Membaca Harus Terbangun Dalam Karakter Tiap Mahasiswa

2. Adi Nur Alim (Budayakan Membaca)

Rajin membaca adalah salah satu kunci untuk menambah pengetahuan. Hal ini yang ditekankan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), Dr Anshari Syafar MSc beberapa waktu lalu ketika ditemui di ruang kerjanya.

Kepada para mahasiswa FKIP, ia mengimbau agar mulai menumbuhkan karakter rajin membaca. Sebab, dengan membaca ilmu yang akan diperoleh mahasiswa tersebut akan bertambah. “Selain tekun bekerja, membaca adalah salah satu kunci menambah pengetahuan,” imbaunya.

Mahasiswa FKIP adalah calon guru atau tenaga pengajar yang dimana nantinya akan memotivasi peserta didik. Sehingga, ujar Anshari, sebelum akhirnya menjadi seorang guru, selama menerima ilmu di kampus, tujuan dan niat mahasiswa tersebut harus jelas, sehingga tujuannya bukan hanya sekadar mencari ijazah untuk mencari pekerjaan.

“Niat dan motivasi mahasiswa itu harus jelas jika masuk ke perguruan tinggi, apalagi menjadi seorang guru itu adalah hal yang sulit karena dihadapkan dengan peserta didik,” jelasnya.

Dosen pendidikan Bahasa Inggris juga mengaku menyayangkan cara jalan pintas, yang seharusnya sikap seperti ini tidak ada di pikiran mahasiswa. “Kegiatan akademik adalah proses, kalau dijalani proses ini pasti mendapatkan nilai yang terbaik itu,” terangnya.

Lanjutnya, budaya malas membaca masih sangat melekat pada mahasiswa sehingga harapannya, mahasiswa khususnya di FKIP mulai membiasakan diri untuk membaca. Karena menurut Dr Anshari tidak perlu terlalu bersusah payah dalam belajar, asal banyak membaca. Sehingga dengan banyak membaca akan secara otomatis mengubah cara berpikir jalan pintas tersebut.

Ia juga tidak lupa memberikan bimbingan dan dorongan kepada mahasiswa agar menjalani proses akademik dengan jujur sehingga tercapai tujuan dengan nilai terbaik. “diharapkan tidak ada lagi mahasiswa yang punya pikiran untuk berlaku curang lagi,” harapnya. Ana

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here