Program Lanjutan, Dosen Untad Presentasikan Hasil Penelitian

1. Penelitian

Seminar hasil penelitian merupakan ajang bagi para dosen untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka. Penelitian ini terbagi atas bidang penelitian dan pengabdian yang merupakan wujud nyata dari tridarma perguruan tinggi. Terdapat 40 judul bidang penelitian dan 35 judul bidang pengabdian.

 

Dalam kesempatan ini Ketua UPM (Unit Penjaminan Mutu) Fkip, Drs. Anang WM Diah, MSi PhD yang ditemui reporter media Tadulako mengatakan seminar yang diadakan ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya agar memberikan dampak positif, baik itu publikasi nasional dan mungkin lebih baik lagi dari itu.

 

“Olehnya itu kita adakan seminar ini tujuannya untuk sharing informasi kepada semua civitas akademik dan juga dapat menyerap masukan dari peserta maupun para reviewers. Kalau bisa ada lanjutan untuk hibah yang kita sudah dapatkan untuk keproposal atau kearah publikasi nasional yang lebih baik lagi” jelas ketua unit penjaminan mutu ini, pada sabtu (18/02).

 

Pada kegiatan kali ini hanya yang mendapatkan hibah berkesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Di tahun ini diharapkan semua dosen turut andil dalam penelitian dan pengabdian.

 

“Hanya yang mendapatkan hibah yang seminar, karna tidak semua dosen itu mendapatkan. Nah ditahun 2017 ini diharapkan semua dosen yang aktif mendapatkan hak untuk mempunyai judul baik itu menjadi ketua maupun anggota” lanjut dosen pendidikan kimia itu.

 

Pada penelitian dan pengabdian dosen ini, mahasiswa juga turut andil didalamnya. Mahasiswa dilatih untuk tampil dan mengemukakan pendapat serta dapat terlibat langsung dalam penelitian dan pengabdian ini.

 

“Harapan saya semoga kegiatan ini kedepannya memberikan dampak positif bagi tenaga akademik  dan khususnya mahasiswa agar berani tampil dan dapat mengemukakan pendapat didepan umum” tutup Anang.

 

Hal senada pula disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara seminar, Iwan Alim Saputra MSc yang ditemui ditempat berbeda. Terkait dengan penelitian dan pengabdian ini merupakan kegiatan lanjutan dari tahun 2016 kemarin karena ada beberapa kendala sehingga dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

 

“Tujuan utama adalah ingin sharing terkait dengan hasil apa yang telah dikerjakan oleh dosen baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian terkait dengan tri darma perguruan tinggi” ujarnya.

 

 

“hasilnya diharapkan bisa untuk menambah jam terbang dosen dan dapat meningkatkan mutu prodi, jurusan serta fakultas” ucap dosen geografi ini.

 

Selain itu kegiatan ini akan dinilai oleh tim reviewers yang berjumlah 12 orang dan sebagian besar merupakan professor. “sistem penilaiannya kita serahkan pada reviewers, jadi ada lembar penilaiannya baik itu penelitian maupun pengabdian. Selanjutnya akan diberikan penghargaan kepada dosen terbaik, peneliti terbaik dan presenter terbaik yang nanti dikoordinasikan lagi kepada pimpinan,” lanjutnya.

 

Pada kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam penelitian dan para dosen tetap eksis didunia akademisi. “Harapan kami selaku pihak penyelenggara tentunya berlanjut dan semakin meningkat terutama kualitas dari penelitian yang menjadi modal bagi para dosen untuk tetap eksis didunia akademisi. Semoga penelitian dan pengabdian ini dapat bermanfaat pada masyarakat secara langsung,” tutupnya. (sr)