Sosialisasi Unit Penjaminan Mutu (UPM) Tingkatkan Motivasi dan Inovasi Dosen

Dekan FKIP, Dr Lukman Najamuddin MHum (tengah) didampingi Ketua UPM, Anang WM Diah MSi PhD (kiri) dan Sekretaris UPM, Nadrun SPd MPd Med (kanan) saat memberikan sambutan di kegiatan sosialisasi, Rabu (25/01)
Dekan FKIP, Dr Lukman Najamuddin MHum (tengah) didampingi Ketua UPM, Anang WM Diah MSi PhD (kiri) dan Sekretaris UPM, Nadrun SPd MPd Med (kanan) saat memberikan sambutan di kegiatan sosialisasi, Rabu (25/01). Foto Oleh: Adi Nur Alim / MT

Dalam rangka meningkatkan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat, khususnya bagi dosen dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad). Unit Penjamnan Mutu (UPM) FKIP adakan “Sosialisasi Panduan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dana DIPA FKIP” pada Rabu (25/1), di Ruang Senat, Gedung Rektorat Lama Untad Lantai 2.

Dalam agenda yang dihadiri seratus lebih dosen FKIP tersebut, juga hadir Dekan FKIP, Dr Lukman Nadjamuddin. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang perlunya sosialisasi ini untuk memudahkan dalam perancangan proposal penelitian nantinya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bagi peserta dapat memanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa menurutnya di zaman yang semakin modern sekarang, banyak dosen-dosen hebat bermunculan di FKIP. Tapi, masih banyak yang belum berkeinginan atau termotivasi untuk membuat proposal dikarenakan belum mengetahui bagaimana cara melakukan penelitian kompetitif. Jumlah proposal yang lolos dari FKIP sendiri belum mencapai ratusan orang. Oleh karena itu dengan adanya sosialisasi ini dapat membangkitkan semangat para intelektual untuk segera menyusun proposal yang kompetitif dan berkualitas.

Dalam agenda sosialisasi ini, menghadirkan pemateri utama yang mahir dalam bidang penyusunan proposal. Prof Dr H Andi Tanra Tellu MS. Dosen di Pendidikan Biologi FKIP. Materi yang berjudul “Tips Meraih Penelitian Kompetitif” yang disampaikan pemateri ini sangat mudah dicerna oleh para peserta, sesuai dengan bidang keahliannya.

Dipimpin oleh moderator sekaligus sekretaris UPM, Nadrun SPd MPd MEd. Penjelasan Prof Andi Tanra diawali dengan pentingnya mendorong motivasi dan inovasi penelitian, ia menjelaskan dengan sangat rinci. Pertama ia menjelaskan bahwa motivasi adalah proses yang dimulai dengan kebutuhan fisiologis atau psikologis atau kekurangan yang memicu perilaku atau drive yang ditujukan untuk tujuan atau insentif . Sedangkan inovasi adalah proses dan hasil dari menciptakan sesuatu yang baru.

 

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi pertanyaan untuk memulai suatu inovasi yaitu, apa yang diinginkan untuk pengguna, apa yang layak di pasar, dan apa yang mungkin dengan teknologi. Berhubung riset adalah penciptaan pengetahuan baru dan/atau pengetahuan yang ada dengan cara baru dan kreatif sehingga menghasilkan konsep-konsep baru, metodologi dan pemahaman. Maka motivasi dan inovasi dalam riset adalah, keinginan untuk memecahkan tantangan yang belum terjawab, untuk mendapatkan kecerdasan, untuk pelayanan kepada masyarakat, untuk mendapatkan respectibility, dan untuk mendapatkan gelar penelitian,

Lanjutnya, ia mengharapkan kepada para dosen untuk membulatkan tekad dengan membuat daftar kesulitan dan mencari solusi untuk mencoba membuat riset penelitian yang berkualitas. “Kebanyakan para dosen memiliki beberapa hambatan, misalnya tidak ada motivasi, belum pernah meneliti, dan tidak bergairah. Oleh karena itu dibutuhkan solusi, yaitu dengan meningkatkan motivasi, jadikan itu suatu kebutuhan, bacalah hurnal penelitian hasil riset, terakhir bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman riset,” harapnya.

Terakhir, secara substantif dosen mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas intelektual atau keilmuan sesuai dengan mata kuliah yang diampu, peningkatan bahan ajar publikasi dan produk lainnya.

Dalam sosialisasi kali ini, ketua UPM, Anang Wahid Muhammad Diah MSi PhD juga memberikan materi yang berjudul “Mekanisme Pengusulan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”. Ana