Untad Terapkan Sistem Baru dalam Pendaftaran Wisuda

wisuda

Pada Selasa (14/02)-Pendaftaran wisuda di Universitas Tadulako (Untad) sebentar lagi akan dilakukan perubahan sistem. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP), Rudy Gosal SE MSi, sistem baru tersebut sementara dalam proses penyelesain oleh UPT TIK Untad. Hal ini disampaikan Rudy Gosal berdasarkan informasi yang dibenarkan Kepala UPT TIK Untad, Dr Nurhayadi MSi, bahwa sistem tersebut dalam proses penyelesaian dan akan rampung di sekitaran akir bulan ini.

“Jadi dalam sistem baru ini, proses pendaftaran akan dibuka seterusnya, tanpa ada istilah penutupan pendaftaran. Para calon wisudawan nantinya tinggal melihat urutan nama masing-masig di Website Untad. Mereka terdaftar wisuda di angkatan keberapa.  Jadi yang menentukan mereka ikut wisuda di angkatan sekian adalah urutan pendftaran mereka,” jelas Rudy.

Menurut Rudy, beberapa laporan yang masuk ke BAKP, kebanyakan mahasiswa terburu-buru dan mendesak untuk segera menyelesaikan tugas akhirnya, karena mengejar pendaftaran wisuda. Pada akhirnya, pendaftar membludak dan menumpuk pada akhir pendaftaran. Selain itu,  mahasiswa jadi tidak fokus dengan apa sebenarnya tujuan mereka berkuliah.

“Jadinya sebagaian dari mereka mengerjakan tugas akhir asal-asalan. Asal selesai, dan tidak memperhatikan pelajaran apa saja yang bisa diambil dari proses penyelesaian tersebut. Padahal kita semua berharap, mahasiswa yang akan diwisuda ini benar-benar paham dan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama berkuliah, bukan sekedar selesai dan mendapat gelar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Rudy menambahkan, bahwa dengan adanya sistem baru yang sedang dikembangkan UPT TIK  ini, mampu permudah semua pihak, termasuk semua pegawai di bagian BAKP maupun fakultas. “Dengan begitu kita juga terkontrol waktunya dalam hal  pelayanan. Selain itu juga memudahkan para mahasiswa, sebab biasanya banyak mahasiswa yang harus menunggu sampai satu bulan untuk mendaftar wisuda. Itu juga kasian. Nah kalau sistemnya dibuka terus kan kapan saja mereka bisa daftar, tinggal mengecek nantinya mereka masuk di angkatan keberapa. Kemudian, Perpindahan angkatan terjadi ketika sudah masuk tiga atau dua minggu sebelum wisuda, akan tetapi pendfataran akan tetap dibuka. Namun mereka masuk ke angkatan selanjutnya,” tambahnya.

Di akhir penyampainnya, Rudy menginformasikan, untuk tahun 2017 ini wisuda akan dilakukan sebanyak 5 kali yaitu, di bulan Maret, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember. “Ketika gedung auditorium baru sudah selesai, wisuda akan kembali normal menjadi  4 kali satu tahun namun tentunya dengan kuota yang lebih banyak,” tututpnya.