EMPAT DESA DI KECAMATAN SIRENJA MENJADI SASARAN EKSPEDISI VETERINER 2017

Salah satu peserta Ekspedisi Veternier sedang menyuntikkan cairan B komplek kepada Unggas dikecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. /Dok Panitia
Salah satu peserta Ekspedisi Veternier sedang menyuntikkan cairan B komplek kepada Unggas dikecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. /Dok Panitia

Himpunan Mahasiswa Peternakan (Himater) Fapetkan kembali menyelenggarakan Ekspedisi Veteriner.  Kali ini, Desa Lende Ntovea, Desa Lende Induk, Desa Tompe, dan Desa Lumpio Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala menjadi lokasi sasaran penyelenggaraan Ekspedisi Veternier 2017 tersebut.

Salah satu kegiatan utama dalam ekspedisi veteriner 2017 itu adalah penyuntikan ternak secara gratis guna meningkatkan kesehatan ternak masyarakat.

“Cairan yang disuntikan merupakan cairan B komplek yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan menjaga daya tahan tubuh ternak,” jelas Nasrullah, Ketua Panitia Ekpedisi Veteriner 2017.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah pendataan ternak. Menurut Nasrullah, pendataan dilakukan untuk menggali informasi mengenai jenis pakan yang diberikan beserta mekanisme pemberiannya dan juga informasi mengenai jenis-jenis penyakit yang biasanya menyerang ternak sehingga dapat merugikan masyarakat.

Rencannya, hasil pendataan itu akan disampaikan ke instansi-instansi terkait seperti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagai bahan informasi dan dapat menjadi rujukan dalam mebuat ataupun menetapkan kebijakan-kebijakan didaerah setempat.

“Hal tersebut” Nasrullah menambahkan, “juga sebagai wujud dari kolaborasi antara institusi perguruan tinggi denagn instansi-instansi terkait.”

Selain penyuntikan dan pendataan, juga dilakukan penyuluhan kepada warga setempat tentang pengolahan bahan pakan dalam rangka meningkatkan kualitas ternak.

Ketua Himater Sahrul mengatakan, Ekspedisi Veteriner merupakan program kerja rutin tahunan Himater yang wajib diikuti oleh agkatan baru dengan tujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan skill keprofesian dalam bidang peternakan dan sekaligus membantu pengembangan peternakan rakyat. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan prodi peternakan kepada masayarakat luas.

“Ekspedisi Veteriner ini adalah program kerja rutin yang diselenggarakan tiap tahunannya oleh Himater.  Setiap ,mahasiswa peternakan angkatan baru wajib mengikuti ekspedisi ini, sebab tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan meningkatkan skill keprofesian kepada adik-adik angkatan baru. Selain itu, ekspedisi ini juga bertujuan untuk membantu pengembangan peternakan rakyat. Dan secara tidak langsung, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi prodi peternakan agar diketahui oleh masayarakat luas,” terangnya.

Lebih lanjut Sahrul berharap dengan melalui serangkaian kegiatan ekspedisi yang telah diselenggarakan pada 24-26 Februari itu bisa menjadi tambahan ilmu dan pengalaman terkait skill keprofesian bagi mahasiswa peternakan angkatan 2016 yang dalam hal ini sebagai pesertanya serta bermanfaat dalam pengembangan peterakan rakyat kedepan, khususnya di empat desa yang menjadi lokasi pusat penyelenggaraan Ekspedisi Veteriner 2017 tersebut.

“Dengan diselenggarakannya Ekspedisi ini, masyarakat yang sebelumnya belum terlalu paham bisa  lebih paham. Dengan begitu, mudah-mudahan peternakan rakyat di Desa Lende Ntovea, Desa Lende Induk, Desa Tompe, dan Desa Lumpio Kecamatan Sirenja akan bisa lebih berkembang lagi kedepannya.” Tutur Sahrul. Wn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here