DPD FORUM DOSEN INDONESIASULTENG TELAH RESMI DIBENTUK

Foto bersama pengurus inti DPD FDI Sulteng usai rapat perdana minggu lalu (09/04).

FDI adalah wadah berhimpunnya dosen-dosen lintas keilmuan baik PTN maupun PTS dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk saling berinteraksi dan membangun kerjasama dalam rangka pengembangan kapasitas dan wawasan keilmuan khususnya yang menyangkut Tridharma Perguruan Tinggi yang menjadi tugas pokok dosen.

“Tiap dosen punya kesibukan masing-masing. Maka, intensitas untuk berinteraksi sesama dosen-dosen di kampus lain atau di daerah lain pun sangat kurang.  Sehingga, kebanyakan kita tidak saling mengenal satu sama lain. Padahal, di zaman sekarang ini kita perlu membuka diri, membangun bekerjasama lintas ilmu, lintas perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Untuk itulah wadah FDI ini hadir,agar bisa lebih mudah untuk kita berinteraksi dan saling bertukar informasi. Hal ini sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas keprofesian kita sebagai dosen,” jelas sekertaris DPD FDI Sulteng, Dr Sukmawati Saleh SPd Msi.

FDI secara nasional telah memiliki 14 DPD di seluruh provinsi di Indonesia. Pada 24 Agustus 2015, FDI melaksanakan Musyawarah Nasional. Salah satu hasilnya yaitu mengembangkan FDI Provinsi (DPD). Berdasarkan hal itu, DPD FDI Sulteng pun digagas dengan melakukan sosialisasi khususnyamelalui media online.Dari serangkaiansosialisasiantardosen se-Sulawesi Tengah, akhirnyapertanggal 10 Februari 2017, Pengurus DPD FDI Sultengakhirnyaterbentuk.

Hal yang mengemukadalamrapatperdanabertempat di redaksi Media Tadulakopertengahan April,yaituperlunyakonsolidasiantar para pengurus DPD FDI Sulteng yang sudahterbentuk.Konsolidasitersebutdimaksudkan agar organisasilebih solid, sehinggaprogram-program kerja yang akandirumuskanbetul-betulmewakilikebutuhandosensecaraumum.Selainitu, rencanaMusyawarah Daerah DPD FDI Sultengdalamwaktudekat, juga menjadisalahsatuwacanadalamrapatpengurustersebut

FDI mempunyai prioritas program,seminar International, seminar nasional yang terindeks Scopus, workshop penulisan jurnalmaupun workshop pembuatan proposalpenelitian dan program-program terkait pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.Seperti pada November mendatang, FDI Pusatakan melaksanakan seminar internasional di Makassar. Kegiatan ini membuka peluang bagi dosen-dosen yang tergabung dalam FDI untuk berkolaborasi dalam membuat tulisan dan dipresentasikan dalam kegiatan tersebut. Makalah terpilih akan diterbitkan pada jurnal international yang terindeks Thomson Reuters.

Ketua DPD FDI Sulteng, Mochtar Marhum M.Ed PhD berharap sebagaimana tujuan dibentuknya, FDI dapat menjadi wadah berhimpunnya dosen dalam rangka pengembangan Tridharma perguruan tinggi, pemberdayaan alumni serta menjadi mitra bagi pemerintah, instansi,  dan lembaga-lembaga sosial kemsyarakatan.

“Olehnya itu, Pengurus DPD FDI Sulteng mengajak dosen-dosen PTN dan PTS di Sulteng untuk bergabung dengan Forum Dosen Indonesia.Dengan akun facebook Forum Dosen Indonesia Sulawesi Tengah, atau melalui email sulteng@fdi.or.id,” tutupnya. Wn