HIMAP Ajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Desa Binaan

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) FISIP Untad kunjungi Desa Binaan Sabtu-Minggu (01-02/04) lalu. Salah satu program kerja jangka panjang HIMAP ini berlokasi di Desa Sidondo 4 Dusun 2, Kec. Dolo, Kab. Sigi

 

Setelah melakukan survei di berbagai tempat, HIMAP memutuskan Desa Sidondo 4, Dusun 2 sebagai Desa yang paling layak mendapat pembinaan. Hal ini dijelaskan oleh Ramadhani,  bagian humas HIMAP karena masih perhatian soal masalah pendidikan dan tidak ada pemberdayaan kepemudaan.

 

“Setelah melakukan beberapa survei tempat, akhirnya kami menetapkan di desa sidondo 4, dusun 2 sebagai Desa Binaan. Hal ini didasari pantauan kami, dari segi pendidikan untuk anak-anak, sekolah sangat jauh. Berjarak sekitar 4-5 KM dari desa. Selain itu juga, tidak ada pemberdayaan bagi Pemuda dan Ibu-Ibu Rumah Tangga, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pemberdayaan disana,” Jelas mahasiswa Prodi Administrasi Publik angkatan 2014 ini.

 

Dalam kunjungan kedua ini, kegiatan yang pertama dilakukan adalah mengajarkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) untuk anak-anak. Mengingat masih minimnya perhatian masyarakat desa terhadap hal ini.

 

Lebih Lanjut, Ramadhani juga menuturkan, rencananya ia dan kawan-kawan akan membuka kelas inspirasi sebagai sekolah nonformal bagi anak-anak disana yang masih kurang mendapat perhatian soal pendidikan. Akan ada juga pemberdayaan kepemudaan dan pemberdayaan bagi ibu-ibu.

 

“Karena yang kita jangkau itu ada beberapa sasaran, anak-anak, pemberdayaan pemuda, dan ibu-ibu. Rencananya, program berjangkanya kami akan membuka kelas inspirasi sebagai sekolah nonformal,” tuturnya.

 

Ramadhani juga mengatakan, kedepan akan ada program-program tambahan lagi. Namun, di tahap awal ini, pihak HIMAP akan melakukan survei lanjutan terlebih dahulu untuk kelengkapan data. ndh

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here