Membanggakan, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) Sukses Gelar Kompetisi Nasional di Universitas Tadulako

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) suskes menggelar National Steel Truss Innovation Contest di Universitas Tadulako, Senin-Selasa (17/18). Meski Perdana dilaksanakan di Untad, ajang kompetisi nasional ini sangat membangganan. Ragam apresiasi pun hadir mensupport agenda postifi ini.

Apresiasi Penuh disampaikan oleh Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir H Muhammad Basir SE MS, dalam sambutan pembukaan agenda tersebut. Prof Basir, begitu sapaan akrabnya, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas suksesnya kegiatan tersebut, secara umum kepada Fakultas Teknik dan secara khususnya pantia pelaksana yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil.

“Kami sangat bangga kepada anak-anakku mahasiswa yang mensukseskan kegiatan ini. kompetisi nasioanl ini menjadi salah satu bukti lagi, bahwa mahasiswa Untad bisa mengibarkan bendera kampusnya di panggung nasional,” ungkapnya disambut riuh tepuk tangan.

            Rasa bangga dan kagum juga disampaikan rektor kepada para competitor yang mempertunjukan kemampuannya dalam ajang bergengsi itu. “Bangga dan kagum rasanya, hari ini melihat anak-anakku mempertunjukan kemampuannya dalam kompetisi nasional ini,” ujar Guru Besar Fakultas Pertanian itu.

Menurutnya, dengan lomba ini, mahasiswa terpacu untuk mengasah cara berfikir dan ketrampilan yang nantinya akan mengabil peran dalam pembangunan bangsa. “Ini wujud refleksi dari kemampuan dan ketrampilan dari anak-anakku sekalian. Semoga nantinya dengan ketrampilan khusus ini, dapat mengambil peran terbaik dalam proses pembamngunan bangsa,” terangnya.

Dalam sambutannya, rektor juga menyapa para peserta yang dari dari luar Sulawesi dengan sapaan hangat. Ungkapan selamat datang rektor kepada seluruh peserta yang hadir. Baginya, kehadiran tamu dari berbagai universitas menjadi kebanggaan tersendiri bagi Untad.

Titipan harapan Prof Basir kepada seluruh peserta yang mengikuti kompestisi, agar menjadikan lomba tersebut sebagai ajang memperkuat silaturahim dianatara mahasiswa lintas kampus dan lintas daerah.

Aprisiasi yang tinggi juga datang langsung dari Dekan Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Dr Amar ST MT. Baginya, pihak fakultas terus mendorong dan memberi penghargaan yang besar atas inisitasif kegiatan kompetisi level nasional yang lahir dari mahasiswa Teknik Sipil Untad.

“Tak ada ungkapan yang paling bahagia hari ini, selain apresiasi kami yang setinggi-tingginya atas terselanggaranya kegiatan nasional ini. Fakultas Teknik memberi penghargaan yang sangat besar, bahwa mahasiswa kita bisa menggelar kegiatan berskala nasional dalam ajang kompetisi. Semoga dari kompetisi nasional ini melahirkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi keilmuan teknik dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya.

Harapannya juga, Kompetisi perdana ini tidak berhenti disini saja. Namun bisa berjalan dan menjadi agenda tahunan Fakultas Teknik. “Harapan kami kompetisi ini terus berjalan setiap tahunnya, agar terus menghadirkan inovasi-inovasi baru dari ketrampilan dan kemampuan mahaiswa,”ungkapnya.

Sementara itu, Dr Zeffitni MT, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik menyebutkan bahwa kegiatan ini sangatlah penting. Sebab dengan kegiatan lomba semacam ini menjadi pengasah potensi mahasiswa untuk menghadirkan inovasi baru dibidang keilmuan teknik sipil.

            Ia juga mengutarakan harapan kepada mahasiswa sebagai agen perubahan dapat melakukan inovasi akademik. “Mereka adalah agen perubahan, dari mereka inilah kita berharap ada temuan-temuah ilmiah baru atau inovasi di bidang keilmuannya,” tuturnya.

Senada dengan itu, Reza M Anshori, Selaku Ketua Himpuan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) mengungkapkan harapan besarnya, bahwa kegiatan yang mereka laksanakan ini dapat menjadi ajang peningkatan jiwa kompetisi mahasiswa agar dapat melakukan inovasi baru. Rf

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here