Perdalam Wawasan IPTEK, BRM Adakan Kunjungan Ilmiah

Badan Riset Mahasiswa (BRM) Fakultas Mipa Universitas Tadulako kembali menggelar kegiatan Kunjungan Ilimah (KI) pada Rabu (05/04) dan Jumat (07/04). Kunjungan yang bertempat di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu serta PT. Tanjung Sarana Lestari, Kecamatan Pasangkayu ini mengusung tema “My Trip My Research”.

Menurut Rafiq selaku Ketua Panitia kegiatan, Kunjungan Ilmiah bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa FMIPA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, “Selain itu diharapkan  melalui kegiatan ini para peserta bisa mendapat serta mengembangkan ide-ide penelitian. Mungkin juga tempat-tempat yang dikunjungi akan menjadi salah satu tempat tujuan magang para peserta nantinya,” tutur Rafiq.

Senada dengan Rafiq, Ketua BRM, Ahmad Supriadi mengatakan bahwa Kunjungan Ilmiah yang merupakan program kerja tahunan dari Badan Riset Mahasiswa ini dilakukan agar mahasiswa Fakultas Mipa dapat mengetahui instansi-instansi yang ada di Kota Palu maupun di daerah-daerah lain serta mendapat pengetahuan baru dari instansi-instansi tersebut.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Mipa, Dr Rustan Effendi SSi MSi, dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan turut mengapresiasi adanya kegiatan Kunjungan Ilmiah ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dalam menambah wawasan mahasiswa Fakultas Mipa sekaligus memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk membangun komunikasi antara pihak instansi dan lembaga kemahasiswaan.

“Oleh karena itu saya berharap semoga ini dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi dan bisa dibangun komunikasi yang sifatnya adalah membangun kreatifitas mahasiswa di bidang riset penelitian,” harapnya.

Kunjungan pertama berlangsung di PT. Tanjung Sarana Lestari (TSL) yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pengolahan CPO menjadi minyak goreng. Selama kunjungan ke perusahaan tersebut, peserta diajak untuk melihat langsung proses pengolahan CPO. Sementara itu, kunjungan kedua dilaksanakan di BPOM Palu. para peserta mengunjungi tiga seksi pengujian yang ada di BPOM Palu, teranokoko, pangan dan bahan berbahaya, serta mikrobiologi. Nr