ROADSHOW PPAN 2017, PCMI SULTENG PACU SPIRIT MAHASISWA UNTAD IKUT PPAN 2017

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), kembali menyambangi Universitas Tadulako dalam Roadshow PPAN 2017. Kegiatan yang berpusat di Gedung Senat Lama, Univeristas Tadulako ini  dilakukan untuk menarik minat mahasiswa Universitas Tadulako agar ikut serta pada Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2017.

PPAN adalah salah satu program Pemerintah dalam mengembangkan generasi Muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global dimasa mendatang.

Pengurus Kepemudaan Sulawesi Tengah Andi Rifai, dalam pembukaan menyampaikan bahwa PPAN merupakan program yang dikelola oleh Kementrian Pemuda Dan Olahraga, ini akan mengirimkan Pemuda Indonesia pilihan ke mancanegara sebagai Duta Pemuda Indonesia, yang akan memperkenalkan Indonesia ke kancah international.

“Mereka ini adalah orang yang terpilih begitu saja tapi mereka melalui penyaringan kriteria-kriteria  tertentu yang sudah ditetapkan sehingga mereka berhasil  mengharumkan nama baik Sulawesi Tengah ke kanca nasional maupu internasional” ungkapnya.

Para pembicara merupakan Alumni PPAN 2016 Perwakilan Sulawesi Tengah yang telahmengikuti IMYEP (Indonesia-Malaysia Youth Exhange program), IKYEP (Indonesia-Korea Touth Exchange Program), ASVI (ASEAN Student Visit India), ICHYEP (Indonesia-ChinaYouuth Exchange Program), AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program).

Magfira, alumni program PPAN ASVI 2016, dalam paparanya menjelaskan bahwa tujuan program ASVI ialah mengirimkan delegasi pemuda ASEAN untuk mengunjungi dan memperlajari proses dan perkembangan india dalam bidang industry, ekonomi maupun pendidikan.

‘’Tujuan program ASVI ini ialah salah satunya mengumpulkan beberapa delegasi dari  beberapa negera ASEAN untuk diberangkatkan ke negara india. Dengan melihat progres dan perkembangan dari berbagai bidang, misalnya bidang perindustrian, perekonomian maupun pendidikan,” pungkasnya.

Pada program  PPAN 2017 ini kementrian pendidikan pemuda dan olah raga Sulteng menyediakan tiga program pertukaran pemuda antar negara diantaranya SSEAYP (ship South east Asian Japanese youth program),  PPIK ( pertukaran pemuda Indonesia kanada dan ASVI (ASEAN Student Visit India).

Pendaftaran calon peserta PPAN akan dibuka pada tangga 9 maret –  2 april 2017 dan akan melewati beberapa proses seleksi diantaranya tes tertulis, wawancara, persentasi makalah, tes kecakapan dan penampilan budaya. MU