Gubernur Sulteng Sambut Baik Comic’s Tadulako 2017

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fmipa Untad kembali menggelar event akbar Comic’s (Competition on Mathematical Science) Tadulako dengan tema “Show Your Passion and Reach Your Achievement With The Power of Mathematics”. Kegiatan yang telah kali kedua dilaksanakan ini merupakan ajang kompetisi matematika tingkat SMA dan SMK se-Sulawesi Tengah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Dalam pembukaan yang berlangsung pada Jumat (5/5) di Theater Room Media Center Untad ini, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola MSi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Dr Ir H Rusdi Bachtiar Rioeh SPi MPM MM menyatakan apresiasinya terhadap  kegiatan ini sebagai wahana untuk memasyarakatkan ilmu matematika.

Hal tersebut seperti disampaikan dalam sambutan gubernur yang dibacakan langsung oleh Rusdi sekaligus membuka kegiatan, “Saya menyambut baik kompetisi ini sebagai wahana untuk memasyarakatkan ilmu matematika dengan cara mengasah kemampuan peserta. Olehnya itu saya atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada jajaran Himatika Untad dan panitia atas dilaksanakannya kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, gubernur juga menyatakan bahwa kegiatan ini sangat tepat dan sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam memperluas dan meningkatkan pendidikan untuk memenuhi tuntutan akan hadirnya sumber daya manusia di Sulawesi Tengah yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Mipa, Dr Muh Rusydi H MSi dalam sambutannya mewakili Rektor Universitas Tadulako juga turut mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap matematika, “Karenanya semoga dari kegiatan ini dapat menyadarkan anak-anak muda bahwa matematika itu sangat penting untuk dikaji dan dipelajari, serta sangat penting bagi pembangunan di masa yang akan datang,” harapnya.

Terkait dengan tema yang diangkat tahun ini, Abdul Kholid selaku ketua panitia menyampaikan bahwa hal tersebut didasari oleh tekad Himatika untuk mengubah cara pandang banyak orang tentang matematika yang sulit, “Selain itu, kami ingin menyampaikan bahwa dengan matematika kita dapat meraih prestasi,” ungkapnya.

Rahim, Ketua Himatika Fmipa berharap agar nantinya Comic’s Tadulako dapat berkembang lebih pesat dimana tidak hanya diadakan untuk tingkat SMA namun juga di tingkat SD dan SMP se-Sulawesi Tengah, “Dan itu kedepannya  insya Allah  bisa kita tingkatkan dengan cara bantuan kerjasama dari segala bidang, entah itu mahasiswa maupun dosen-dosen selingkup Jurusan Matematika,” ujar Rahim.

Kegiatan Comic’s Tadulako 2017 diikuti oleh  62 tim yang berasal dari 7 kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, dimana masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Lomba ini terbagi menjadi 3 babak yakni penyisihan (15/4), Semifinal (5/5), dan Final (6/5) dengan menghadirkan 4 orang juri yakni Dr I Wayan Sudarsana, Dra Rina Ratianingsih MSi (Ketua Prodi Matematika), Dr Dra Mardlijah MT (Sekretaris Jurusan Matematika Fmipa ITS), serta Dr Frits Van Beckum (Universiteit of Twente).

Dalam lomba tersebut, Muh. Ardiansyah dan Khoirotunnisa dari SMA Al-Azhar Mandiri Palu keluar sebagai juara pertama, sementara juara kedua sekaligus juara favorit diraih oleh Muhammad Thariq dan Aqilla Ziat Achsantama (SMA Al-Azhar Mandiri Palu), dan juara ketiga yakni Eko Putra Wahyudin dan Nurul Hikmah Bima (SMAN 3 Poso). Selain itu, juara harapan 1 diraih oleh Hijriah Nur Istifani dan Nurul Aini Salsabilah M (SMA Al-Azhar Mandiri Palu), Jerico Sebastian V dan Jonathan Elbert K.H (Juara harapan 2, SMAN Terpadu Madani), serta Muh. Rayyan Yunar Hidayat dan Kevin Leonard Cristian Tanzil (Juara harapan 3, SMAN Terpadu Madani). Nr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here