Tahun Ini Untad akan Terima 6000 Mahasiswa

Tahun ajaran 2016/2017 sebentar lagi selesai, di ujung masa-masa berakhirnya tahun ajaran, semua lembaga pendidikan dari tingkat terendah hingga perguruan tinggi kini tengah disibukan dengan penerimaan siswa dan mahasiswa baru. Demikian pula dengan Universitas Tadulako, yang tahun ini kembali akan menyambut kurang lebih 6000-an mahasiswa baru. Sebelum memasuki gerbang universitas, calon mahasiswa mengikuti ujian masuk dari beberala jalur yang telah disiapkan. Berikut petinkan wawancara Reporter Media Tadulako bersama Dr Darsikin juga Prof Sutarman Yodo terkait penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Dr. Darsikin, M.Si

(?) Untuk tahun ini berapa jumlah calon mahasiswa yang ikut serta dalamseleksi BMPTN dan memilih Untad sebagai Universitas pilihannya?

(=) Untuk tahun ini sendiri sebanyak 27.000-an calon mahasiswa yang memilih Untad sebagai universitas pilihannya di Ujian SBMPTN. Dari 27.000-an orng yang mendaftar, kuota yang akan disediakan oleh Untad untuk jalur SBMPTN sebanyak 2.500-an calon mahasiswa.

(?) Kalau untuk jumlah keseluruhannya mulai dari jalur SNMPTN hingga jalur SMMPTN nantinya berapakah kuota yang disediakan Untad untuk calon mahasiswa ditahun ini pak?

(=) Untad sendiri telah menetapkan kuota yang akan diterima untuk masuk di Universitas ini, sejumlah 6.250 orang yang akan di terima dan mengisi bangku-bangku di Untad ini. Dari jumlah itu, telah di dapat sejumlah 1.700 orang yang lolos masuk Untad lewat jalur SNMPTN, dari jumlah calon mahasiswa yang lolos itu, hanya 1.200 orang yang melakukan pendaftaran ulang. Nah untuk memenuhi kuota Untad maka di jalur SBMPTN ini akan di terima sejumlah 2.500-an orang. Sisa dari kuota yang belum tercukupi itu akan di tutupi lewat jalur SMMPTN nantinya.

(?) Jurusan apa yang tahun ini menjadi favorit pak?

(=) Untuk tahun ini yang masih menduduki peringkat pertama jurusan dengan jumlah pendaftar terbanyak yakni jurusan ekonomi menejemen, dengan total pendaftar sekitar 2.000-an orang, kemudian di susul dengan jurusan ekonomi akutansi, teknik informatika, PGSD (Pedidikan Guru Sekolah Dasar), dan di urutan ke-5 adalah teknik Sipil.

(?) Kalau dari Untad sendiri persiapan-persiapan apa saja yang telah dilakukan untuk menyambut mahasiswa baru ini?

(=) Jika di tanya soal persiapan, tentunya Untad sendiri telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut mahasiswa baru, diantaranya meningkatkan mutu pelayanan tentunya, disamping itu sarana dan prasarana juga harus benar-benar diperhatikan, hal ini guna menunjang proses ajar mengajar sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya tepat pada waktunya dan mendapatkan nilai yang maksimal. Dan untuk mahasiswa yang baru mendaftar kami tentunya berharap mereka dapat menjalani masa pendidikannya dengan penuh kesungguhan dan tekun dalam menjalaninya sehingga dapat lulus dalam waktu yang telah di tetapkan.

 

Prof Dr Sutarman Yodo SH MH

(?) Jika dibandingkan dengan tahun kemarin, berapakah jumlah mahasiswa yang diminta oleh pihak Prodi (Program Studi) untuk menjadi kuota Untad dalam menerima mahasiswa baru di tahun ini?

(=) Tahun ini jumlah total kuota mahasiswa baru untuk semua prodi yang ada dilingkup Untad yakni sejumlah 6.250, kuota ini bisa berkembang hingga sejumlah 7.000 orang. Sedangkan untuk tahun kemarin kuota Untad sebesar 7.000-an dan dan berkembang hingga 8.000 mahasiswa.

(?) Dari jumlah kuota 6.250 orang yang akan diterima oleh Untad, kira-kira persiapan apa saja yang telah dilakukan oleh pihak Unicversitas untuk menyambut mahasiswa baru tersebut?

(=) Tentunya hal yang perlu di lakukan untuk menyambut mahasiswa baru adalah mempersiapkan pelayanan prima untuk mahasiswa baru, dimana setiap staf yang berhubungan langsung dengan mahasiswa harus meningkatkan pelayanannya seoptimal mungkin. Selanjutnya para panitia Ormik nantinya harus pula memiliki persiapan yang maksimal dalam memberikan edukasi kepada mahasiswa baru, agar mereka dapat mengetahui perbedaan metode belajar antara mahasiswa dan siswa. Dimana saat masih menjadi siswa, guru kita yang berperan aktif dalam memberikan pemahaman juga materi agar kita menjadi faham, berbeda halnya ketika kita telah menyandang status mahasiswa, bukan dosen atau tenaga pengajar yang berperan aktif dalam pemahaman kita terhadap sebuah materi. Namun, mahasiswa itu sendirilah yang harus berperan aktif dalam proses belajar, dan bersikap mandiri untuk mendapatkan pemahaman untuk dirinya sendiri.

(?) Apakah harapan yang Bapak inginkan untuk panitia penerimaan mahasiswa baru juga harapan untuk mahasiswa barunya itu sendiri?

(=) Inti dari sebuah masa Orientasi Mahasiswa baru itu sendiri yakni dapat menyadarkan mahasiswa bahwa dunia kampus itu sangat berbeda jika dibandingkan dengan dunia sekolah dulunya. Dan itulah yang saya harapkan kepada panitia Ormik dan terkhusus kepada mahasiswanya itu sendiri (Wrd)