Go Green Go Clean di FISIP UNTAD

Green and Clean merupakan program yang ditujukan untuk mewujudkan penataan ruang terbuka hijau yang efektif dan efisien guna memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau di Kota Palu. Program Green and Clean ini juga merupakan suatu upaya untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih sehingga masyarakat dapat hidup sehat di tengah lingkungan yang sejuk dan asri. Maka dari itu untuk mendukung program tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (UNTAD) giat melakukan jumat dan sabtu sebagai kerja bersih dan hijau.
Dekan FISIP, Dr Muh Nur Ali MSi menerapakan in action dalam membantu mewujudkan Green and Clean dapat tercipta di lingkungan FISIP.
“Pada dasarnya Green and Clean di FISIP hanyalah slogan bagi lahirnya spirit baru untuk menata lingkungan menjadi hijau, rapi, bersih, dan indah. Ide itu muncul karena kondisi lingkungan fakultas yang sudah sangat membutuhkan sentuhan-sentuhan sadar akan lingkungan ideal” Ungkapnya.
Menurut Dr Nur Ali, tahap awal yang kemudian dilakukan adalah peremajaan pohon pelindung dengan mengganti pohon johar yang sudah uzur dengan pohon angsana. Diselingi dengan pohon rias yakni pucuk merah dan cemara. Hal tersebut telah digiatkan oleh Dekan FISIP ini bahkan beberapa hari setelah dilantik sebagai Dekan terpilih periode 2017-2021.
“Upaya yang saya pilih memang sederhana yaitu langsung action. Hari keempat setelah pelantikan dekan, tujuh pohon pertama langsung ditanam, menyusul yang lain. Dalam momentum perayaan Dies Natalis FISIP ke-54, kami men ‘trigger’ melalui penanaman pohon beringin di depan dekanat FISIP oleh bapak Rektor yang kami beri nama ‘Beringin MBC’. Seminggu kemudian pohon beringin berikutnya ditanam oleh pak Irwan Karim dan pak Syahruddin yang diberi nama ‘Beringin IK’ dan ‘Beringin ANTO’” lengkap Dr Nur Ali.
Dekan FISIP ini menyadari bahwa untuk mengajak dan memotivasi tidaklah mudah, akan tetapi civitas akademika FISIP yaitu pimpinan, dosen, staf dan mahasiswa sebagai elemen yang tidak dapat dipisahkan dalam menyukseskan program ini diharapkan dapat ikut berpartisipasi mengikuti pimpinannya yang telah lebih dahulu memulainya.
“Khusus kebersihan dekanat yakni ruang perkantoran, WC, ruang tamu dan layanan mahasiswa langsung di bawah tanggung jawab Wadek Biduk Dr Andi Mascunra Amir berkolaborasi dengan Wadek Bidak dan Bima. Dengan begini nantinya tamu yang berurusan di FISIP nantinya akan ikut peduli dengan lingkungan yang bersih dan indah” ucap Dekan FISIP terkait program Green and Clean.
Green and Clean sebagai slogan lingkungan global, menurut Dr Nur Ali memang bukan lagi sesuatu yang baru. Namun dekan FISIP tersebut yakin bahwa lingkungan dapat membingkai aktivitas yang ada di dalamnya.
“Jika lingkungan baik, secara relatif interaksi dan proses mencapai tujuan serta hasil yang diharapkan realistik” Tegas Dr Muhammad Nur Ali. Ra

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here