Halal Bihalal, Pererat Silaturahim, dan Perkuat Peran DW FMIPA.

Pererat silaturahim, Darma Wanita FMIPA melaksanakan Halal Bihalal, Rabu (12/07). Kegiatan yang digelar di Ruang Senat FMIPA mengusng tema “Melalui Halal bi Halal Kita Tingkatkan Kebersamaan Untuk Meraih Kesuksesan”.

Ni Ketut Sumarni SSi MSi, selaku ketua panitia, mengharapkan dalam moment Halal Bihalal tersebut, agar civitas FMIPA bisa saling memaafkan kekurangan dan kesalahan satu sama lain, serta ia juga berharap kebersamaan mereka dapat selalu terjaga.

“Tentunya kita sebagai hamba Allah memiliki kekurangan dan kesalahan, sehingga dalam momen ini semoga Allah senantiasa membuka hati kita untuk bisa saling memaafkan satu sama lain. Kami juga berharap semoga kita selalu bersama seperti halnya tautan tasbih dan selalu berada dalam keadaan baik,” harap dosen kimia itu.

Hal senada diungkapkan oleh ketua Darmawanita FMIPA, Dr Rosmala Nur dalam sambutannya bahwa betapa pentingnya menjaga silaturahmi, karena manfaat besar yang diberikannya, terutama bagi kesehatan.

“Silaturahmi itu ada 3 fungsinya, yang pertama memperpanjang umur, yang ke-2 membawa rezeki dan ketika dari segi kesehatan membuat kita awet muda. Kenapa? Karena ketika kita curhat maka masalah kita itu terlampiaskan dan energi atau beban stres itu berkurang sehingga bisa meningkatkan kesehatan. Maka bersyukurlah orang-orang yang selalu bersilaturahmi,” ungkap Ibu Dekan FMIPA itu.

Disisi lain, menurut Rosmala, sikap sombong akan memutus tali silaturhami, sehingga sebagai seorang manusia tidak sepatutnya kita merasa sombong dan sudah sepantasnya kita menjaga hubungan, sehingga menurut diam meski menjabat sebagai ketua  darma wanita, bukanlah jabatan yang ia utamakan melainkan hubungan persahabatan.

“Jabatan itu ada periodenya, tetapi pertemanan tidak ada periodenya dan sepanjang masa itulah teman sejati. Sehingga saat kita menjabat, kita tidak boleh sombong, karena kalau saat menjabat, kita sombong, maka setelah kita menjabat tidak akan ada lagi yang melihat kita. Oleh karena itu, persahabatanlah yang lebih saya utamakan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dalam FMIPA, Darma Wanita memiliki peran untuk mempertemukan dan menjaga kebersamaan seluruh pegawai dan staf di FMIPA. “Darma Wanita ini punya peran yang sangat baik dalam FMIPA, karena darma wanita punya peran bagaimana mempertemukan kita semua dalam rangka kebersamaan”, ungkap Rosmala.

Menurutnya juga, yang membedakan mereka dengan darma wanita pada umumnya adalah mereka telah mampu menghasilkan dana sendiri yang tentunya dapat digunakan untuk mendukung kegiatan fakultas.

“Bukan hanya seperti darma wanita yang biasanya, yang hanya dikenal minta uang difakultas, tidak. Sekarang kita itu, sudah mempunyai sumber keuangan yang sudah menetap yaitu kita sudah punya kantin dan ketring yang diharapkan sumber dana ini dapat mensupport kegiatan-kegiatan fakultas,” imbuhnya.

Mewakili Dekan FMIPA, Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof Ramadhanil Pitopang dalam sambutannya mengatakan, bahwa fakultas sangat membutuhkan peran darma wanita. Layaknya laki-laki yang tidak bisa hidup tanpa perempuan yang dimana kesuksesan soerang laki-laki karena ada perempuan hebat dibelakangnya.

Masih dalam sambutannya, Ramadhanil menyampaikan sangat pentingnya menjaga kebersamaan, ibarat sapu lidi yang akan memiliki banyak manfaat hanya ketika berada dalam satu ikatan.

“Kalau tadi ketua panitia mengibaratkan kebersamaan seperti untaian tasbih, kalau saya mengibaratkan kebersamaan ini seperti sapu lidi, karena lidi kalau cuma satu tidak punya kekuatan, tapi ketika dia diikat dalam satu ikatan, bisa digunakan menyapu halaman dan segala macam,” tutupnya.Vv

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here