Sambut Maba 2017, BEM Dan UKM FAPETKAN Upayakan Layanan Prima

Setiap tahunnya Universitas Tadulako selalu kedatangan mahasiswa baru (maba). Dalam penyambutan maba, banyak lembaga kemahasiswaan mempersiapkan penyambutan prima. Tak terkecuali BEM dan UKM FAPETKAN, yang berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya.

Saat ditemui di gedung Dekanat FAPETKAN pada Jum’at (14/07), Yusran selaku ketua BEM FAPETKAN mengungkapkan, untuk menyambut maba di fakultasnya, seperti tahun sebelumnya, selain ORMIK, mereka juga akan melaksanakan ekspo untuk lebih mengakrabkan maba dengan UKM-UKM di FAPETKAN. Hanya saja, jika sebelum-sebelumnya ekspo dilakukan sebelum ORMIK, pada tahun ini, ekspo tersebut akan dilaksanakn setelah ORMIK.

“Tahun sebelumnya selain ambil formulir, kami juga adakan ekspo untuk memperkenalkan lembaga-lembaga di FAPETKAN. Tapi kegiatan itu dilakukan sebelum ORMIK. Sekarang formatnya kita ubah, ekspo itu kita lakukan setelah ORMIK, tepatnya pada tanggal 26 Agustus. Jadi tujuan kegiatan itu, mengenalkan lagi lembaga-lembaga yang ada di FAPETKAN, karena kita tahu ORMIK yang hanya 2 hari itu, tidak cukup untuk memperkenalkan lembaga-lembaga di FAPETKAN,” ungkapnya.

Yusran juga menuturkan, dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat penyambutan maba tersebut, agar para maba lebih mengenal lembaga-lembaga di fakultas mereka dan bisa lebih mudah berbaur. “Targetnya, untuk mengenalkan Birokrasi, himpunan dan UKF-UKF yang ada, intinya mengenalkan lingkungan dan bagaimana berbaur di lingkungan FAPETKAN ini,” tuturnya.

Kepada reporter Media Tadulako, ketua BEM FAPETKAN itu menyampaikan harapannya yang ingin agar semua kegiatan yang dilakukan itu, dapat menambah kader-kader dari UKM, mengingat kurangnya kader setiap UKM di fakultasnya. Menurutnya, tak cukup jika seorang mahasiswa hanya bergelut pada akademik saja.

“Harapan saya, di kegiatan ini ada ilmu yang akan mereka dapat, sehingga mereka bisa tertarik untuk berlembaga, supaya mahasiswa FAPETKAN bukan hanya bergelut dibidang akademik, tapi mereka juga bisa aktif di lembaga kemahasiswaan. Karena saya perhatikan beberapa bulan kemarin, setiap UKM krisis kader untuk FAPETKAN. Makanya, kegiatan ini juga untuk memperbanyak kader-kader dari setiap UKM,” harapnya.

Sebagai salah satu UKM yang ada di FAPETKAN, MPM AN Nahl berupaya akan membantu kerja BEM sebagai lembaga yang menaunginya di fakultas. Lembaga yang konsen pada pembinaan akhlak tersebut selalu aktif melakukan koordinasi dengan BEM, terutama dalam menyambut maba.

“Sejauh ini, An Nahl berkoordinasi aktif dengan BEM, karena kita tahu di awal-awal ini, BEM lah yang akan lebih berperan aktif dalam menangani proses penerimaan maba. Untuk itu, kami akan membantu kerja dari BEM agar bisa sama-sama berkontribusi. selain itu, ini juga merupakan bentuk loyalitas kami terhadap lembaga yang menaungi MPM An Nahl,” terang Dian Setiawan, Ketua MPM An Nahl.

Dian juga mengungkapkan, bahwa mereka memiliki program baru, yaitu jasa potong rambut yang disediakan khusus untuk maba yang akan mengikuti ORMIK dan PMJ dengan harapan agar bisa lebih mengakrabkan diri dengan adik-adiknya.

“Berikutnya, ini merupakan program baru kami. Insya Allah kami akan menyediakan jasa potong rambut untuk maba laki-laki saat akan mengiku ORMIK dan PMJ. Karena saat itu, pasti maba akan diwajibkan untuk merapikan rambutnya. Kami berharap adanya itu semua, kami bisa lebih akrab dengan maba,” ungkapnya.

Mahasiswa jurusan Peternakan angkatan 2015 itu juga berharap, dengan kehadiran dan kerjasama mereka dengan pihak BEM, dapat membantu dan menjadi wadah untuk bersama membuat agenda kebaikan. Ia pun berharap para maba nantinya dapat menjadi penerus tonggak perjuangan memperbaiki umat.

Lebih lanjut, Dian menyampaikan pesan untuk para maba agar bisa tetap menjaga amanah orang tua mereka dan tidak goyah menghadapi godaan yang mungkin akan datang dimasa perkuliahan nantinya. “Pesan kami untuk adik-adikku maba 2017, agar mampu menjaga amanah dan mandat dari orang tua. Karena adik-adik jauh dari orang tua, pasti akan banyak godaan yang datang selama menempuh jenjang perkuliahan,” tutupnya.Vv