3 TIM UNTAD BORONG JUARA DALAM LOMBA PCTA TINGKAT PROVINSI 2017

Tim Teknik, Kartini Radliah Pratiwi & Maya Sari, Tim FISIP Moh. Sandi Fauzan & Andi Tendri Dio dan Tim Faperta, Muh Iqbal Al Islami & Triono, 3 Tim Universitas Tadulako raih Juara 1,2 dan 3 di ajang debat tahunan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Provinsi 2017. Kegiatan yang berlangsung Selama 2 hari itu dilaksanakan  di Korem 132 Tadulako, Palu pada (25-26/07).

Kartini Radliah Pratiwi, saat di jumpai reporter Media Tadulako mengatakan, Lomba antar Universitas dan Slta sederajat ini merupakan lomba debat yang dilaksanakan Oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2012 dan di ikuti oleh SMA dan Universitas-universitas se sulawesi tengah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh Kementrian Pertahanan RI, lomba ini sendiri di mulai sejak tahun 2012, baru 2 tahun ini di adakan di tingkat mahasiswa, di tahun kemarin lomba ini diadakan dalam bentuk menulis artikel dan  tahun ini diadakan dalam bentuk diskusi atau uji argument”, Ungkap mahasiswa teknik Sipil tersebut.

Kartini juga menambahkan rasa bangganya setelah meraih juara 1 pada kegiatan kegiatan tersebut , baginya selain prestasi yang mereka dapatkan, tanggung jawab yang lebih besar juga mereka harus mereka jalankan, karena selanjutnya pada tanggal 5 September timnya akan mengikuti PCTA tingkat nasional dan membawa nama Untad serta mewakili Sulawesi `Tengah.

“Perasaan saya setelah menang  lomba tersebut sudah pasti sangat senang, tapi di sisi lain kami juga punya tanggung jawab yang lebih besar lagi, karena kami akan mewakili Untad dan Sulawesi Tengah untuk mengikuti lomba PCTA di Tingkat Nasional”

Kegiatan yang mengusung tema, “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme Dan Pengaruh Negatif Media Serta Bahaya Narkoba” ini mendapat tanggapan positif  dari salah satu peserta kegiatan. Menurut Muh Iqbal Al Islami, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan kesadaran bela negara serta meningkatkan semangat pemuda untuk lebih mencintai tanah air indonesia.

“Menurut saya kegiatan ini sangat bagus, dimana kita sebagai warga negara indonesia pada dasarnya dilandasi oleh empat pilar yang selalu kita pegang teguh. Selain itu kita harus menjadi pemuda yang cinta tanah air nya sendiri, dengan adanya kegiatan seperti ini membuat kita kebih semangat memegang landasan kita dan menjadi pemuda yang betul betul teguh mencintai tanah air indonesia” tegas mahasiswa peraih juara 3 dalam lomba tersebut.

Pada lomba yang berlangsung selama 2 hari tersebut, lomba terbagi  dalam 2 tahap, tahap pertama penilaian bakat dan keterampilan, dan tahap kedua diskusi atau uji argument. Di dalam pelaksanaan lomba berlangsung, para peserta di berikan soal sesuai dengan tema kegiatan dan dari soal tersebut, peserta saling beradu pendapat, babak rebutan, serta pembahasan mengenai pasal-pasal yang berkaitan dengan bela negara.

Wakil Dekan Kemahasiswaan FISIP Untad, Dr. Intam Kurnia, M.Si, berharap dengan mengikuti kegiatan seperti ini agar nantinya mahasiswa-mahasiswa lain lebih giat dan termotivasi serta dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang-ajang yang dapat mengukir prestasi mahasiswa di tingkat lokal maupun nasional.

“Nantinya mereka ini yang akan mendorong dan memotivasi mahasiswa-mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik di tingkat lokal maupun nasional, selain itu juga mahasiswa harus bisa memotivasi dirinya untuk mengikuti lomba-lomba yang berkaitan dengan akademik untuk membawa nama Untad, semoga mereka lebih giat dan mempersiapkan diri dengan baik, karena saya yakin dengan kemampuan mereka” Harapnya.

Senada dengan itu, Moh. Sandi Fauzan, pemenang kedua dalam lomba tersebut yang di tanyai melalui sosial media Line mengatakan harapannya, semoga kegiatan ini lebih memotivasi mahasiswa untuk mengikuti lomba seperti ini dengan memperoleh prestasi serta membanggakan Universitas. “Harapan saya mudah-mudahan banyak mahasiswa yang termotivasi untuk ikut lomba seperti ini dengan prestasi yang lebih dari ini juga, dan juga ikut serta membanggakan Untad yang kita cintai” Ungkapnya dengan semangat. Fzn