9688 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB. Rektor ; Jadilah Tadulako-Tadulako Muda Teladan

Orientasi kampus bagi mahasiswa baru Universitas Tadulako kembali digelar. Di tahun ini, kegiatan tersebut diberi nama Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang diikuti 9688 Mahasiswa baru ini, bertujuan untuk perkenalan lingkungan kampus dan kultur perguruan tinggi.

Sebagaimana dilaporkan Rudy Gosal, selaku ketua panitia dalam pembukaan PKKMB pada Kamis (17/8), menyampaikan bahwa hakikat dari kegiatan ini adalah untuk memahamkan kepada mahasiswa baru tentang kultur perguruan tinggi serta bertujuan memperkenalan lingkungan Universitas Tadulako.

“Hakikat kegiatan ini merupakan  sarana bagi mahasiswa baru untuk mengnal dan melakukan adaptasi pada lingkungan dan budaya perguruan tinggi, serta tentunya bertujuan menentukan arah bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampusnya, pembinaan kesadaran bela nagara dan yang tidak kalah penting terkait kode etik dan tata tertib mahasiswa,” ungkapnya dihadapan seluruh mahasiswa baru.

Dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung setalah upacra peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia itu, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir H Muhamad Basir SE MS.  Dalam sambutannya, Prof Basir menyambut hangat mahasiswa baru yang hampir berjumlah 10.000 orang tersebut.

“Hidup Mahasiswa ! Hidup Mahasiswa !” demikian kalimat awal sambutan penyemangat Rektor yang disambut riuh ribuan mahasiswa tersebut. Prof Basir juga menyampaikan ungkapan hangat kepada mahasiswa baru 2017 tersebut. Harapannya, angkatan ini bisa hadir menjadi tadulako-tadulako muda yang teladan.

“Kami mewakili keluarga besar Universitas Tadulako menyambut kehadiran anak-anakku sekalian. Harapan besar bagi anak-anakku, kiranya bisa hadir disini menjadi tadulako-tadulako muda, bisa menjadi teladan terbaik untuk Universitas Tadulako tercinta,” ungkap Guru Besar Fakultas Pertanian itu.

Ia juga menekankan kepada mahasiswa baeru untuk naktif mengikuti seluruh rangkain PKKMB ini hingga selesai. “Dalam mengikuti kegiatan PKKMB ini, saya harapkan untuk terus dihadiri, terus jaga kesehatan dan harus terus bersemangat,” ujar Prof Basir. “Insya Allah anak-anakku sekalian menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara, Fahmi salah satu mahasiswa baru, menyampaikan kebanggaannya dapat mengikuti PKKMB ini. Menurutnya, hal itu menjadi langkah awal baginya dalam mengejar cita-citanya di perguruan tinggi.

“Saya sangat bangga bisa kuliah di Untad. Kampus negeri ternama di Indonesia Timur. Saya juga bahagia bisa ikut orientasi awal masuk kampus dalam kegiatan PKKMB ini. Semoga kegiatan ini bisa membantu saya menata langkah awal  menuju cita-cita besar kedepan,” terang mahasiswa yang lulus di Prodi Ilmu Komunikasi itu.

“Saya dan ribuan mahasiswa lainnya, tentu punya visi besar masing-masing kuliah di Untad ini. Dan pastinya, masing-masing punya cara tersendiri dalam menajalaninya. Bagi saya, apapun caranya, jika kita optimis, konsisten dan disiplin, pasti kesuksesan mengikuti kita,” tuturnya optimis. Rf