Tabe Goes To School, Gapai Cita Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Tadulako laksanakan Program Tadulako Belajar (TABE) GOES TO SCHOOL, kegiatan yang dilaksanakan di SD LIK Layana ini bertujuan untuk mujudkan impian KSE dalam bidang pendidikan

Riswan, Ketua Paguyuban KSE Untad periode 2016-2017 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja dari Paguyuban KSE Untad yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu dengan cara melaksanakan kegiatan pendidikan kepada siswa-siswi di desa Layana.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mecerdaskan kehidupan bangsa, yang dimana kita sebagai mahasiswa penerima beasiswa KSE harus berkontribusi di ranah pendidikan. Jadi setiap paguyuban wajib memiliki rumah belajar. Di situ kita mengajarkan apa yang kita dapatkan di dalam kampus dan pelatihan-pelatihan KSE kepada siswa di desa layana” ujarnya Mahasiswa Pendidikan Kimia itu

Kegiatan Rumah Pintar yang di laksanakan di RT 18, tepatnya di SD LIK desa Layana ini merupakan Program kerja Wajib yang dilaksanakan serentak oleh 29 Paguyuban KSE Universitas Se-Indonesia, dan TABE sendiri merupakan Program dari Divisi Pendidikan Paguyuban KSE Untad bekerjasama dengan Komunitas Rumah Pintar Ambasador (KORIDOR).

Aisyah Rokhimah, yang merupakan salah satu beswan KSE saat ditemui reporter media ini mengatakan, Paguyuban KSE Untad sendiri telah melaksanakan program Rumah Pintar ini sejak tahun 2015, dilaksanakan di panti-panti asuhan dan sekolah-sekolah di kota palu kegiatan ini telah berlangsung sebanyak 3 kali.

“Kegiatan TABE telah kami laksanakan sejak tahun 2015 dan telah berlangsung selama 3 kali, yang pertama TABE berlangsung di panti asuhan, kedua di SMP 19 Palu dan kegiatan TABE kali ini bertempat di SD LIK Layana yang sudah berlangsung selama 4 minggu,” terangnya

Aisyah juga mengatakan Dalam kegiatan yang dilaksanakan setiap hari sabtu tersebut, para beswan Paguyuban KSE Untad mengajarkan mata pelajaran seperti halnya di sekolah-sekolah SD, selain itu juga siswa-siswi di berikan game-game kreatif dan teka-teki yang beredukasi.

“Kami melaksanakan kegiatan ini seminggu sekali setiap hari sabtu, jadi kami mengisi mata pelajaran di SD seperti Matematika, IPS, IPA, Bahas Indonesia, PPKN dan Penjaskes. Selain mengajarkan mata pelajaran, kami juga memberikan game-game kreatif, teka-teki, dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan,” tuturnya.

Sementara itu, Riswan mengungkapkan harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini agar kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut dan bermafaat bagi mereka serta siswa-siswinya menjadi lebih semangat untuk menuntut ilmu agar dapat mewujudkan tujuan kami untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semoga kegiatan yang kami laksanakan ini tidak berhenti sampai disini, kegiatan ini masih terus berlanjut sehingga kami bisa memberikan kami miliki kepada siswa-siswi tersebut agar bermamfaat bagi mereka. Selain itu dengan terlaksanakannya kegiatan ini agar nantinya  siswa-siswi menjadi lebih semangat serta giat lagi belajarnya, karena ada beberapa siswa yang masih belum bisa membaca dan berhitung, untuk itu kami melaksanakan TABE di sekolah ini agar merekamendapatkan pengetahuan yang lebih baik,” harapnya. Fzn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here