Fakultas Pertanian Hadirkan Tokoh Inspiratif dalam Kuliah Umum

Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, menggelar Kuliah Umum bagi mahasiswa baru angkatan 2017, Senin (28/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Untad itu, menghadirkan tokoh inspiratif Ir Agus Lamarauna, dengan tema “Di Bangku Kuliah Ku Tabur Segenggam Asa, Di Bua Sawit Ku Tuai Sederet Sukses.”

Dr. Asrul SP. MP, selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan diselenggrakan kuliah umum ini, untuk memperkenalkan ruang lingkup kerja yang begitu menjanjikan dengan hadirnya para pengusaha yang menuai kesuksesan, tentu dengan menjadikan bukti bahwa alumni-alumni yang yang lahir dari Fakultas Pertanian mampu bersaing di dunia kerja yang modern.

Kuliah umum kali ini, menurutnya sengaja menghadirkan pungasaha yang lahir dari Fakultas Pertanian, agar dapat memberi inspirasi, bekal dan semangat kepada mahasiswa baru di tahun ajaran baru ini.

“Dalam kuliah umum ini, kita menghadirkan pengusaha yang lahir dari Fakultas Pertanian, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat mendapatkan motivasi serta semangat menjadi pengusaha di bidang pertanian,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan kuliah umum ini mahasiswa baru mendapatkan kemampuan soft skill di bidang pertanian agar bisa bersaing di duni global.“Berbanggalah dengan berbekal kemampuan soft skill dan pengalaman  yang kita miliki di bidang pertanian, kita pasti mampu melanjutkan tongkat estafet para pengusaha yang sukses saat ini serta bisa berdaya saing di tingkat global,”  ujar Dr Asrul.

Prof Zainudin, selaku Dekan Faperta dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh mahasiswa, agar memiliki kemampuan berwirausaha serta dapat melihat peluang bisnis di dunia pertanian. Hal ini menurutnya sesuai dengan visi Fakultas Pertanian yang ingin menyentuh seluruh aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Mahasiswa baru saat ini, harus lebih menjiwai pada tujuan kita bersama. Mahasiswa harus mengerti bagaimana berwirausaha mandiri dan mampu membuka lapangan kerja. Sebagaiman tercantum pada visi dan misi yang menjadikan Fakultas Pertanian mampu menyentuh seluruh aspek  Tri Dharma Perguruan Tinggi,” Jelas Guru Besar Fakultas Pertanian ini.

Sementara itu, dalam sajian materinya, Ir. Agus Lamarauna menyampaikan  catatan inspirasi kehidupannya hingga menjadi pengusaha. Iapun menerangkan pola pembelajaran dengan pengalaman  pada masa-masa awal mengabdikan diri di bangku kuliah, yang saat itu penuh dengan kondisi keterbatasan,

Ia juga menyarankan kepada mahasiswa baru agar lebih giat lagi dalam mencari ilmu dan dapat mencontoh para pengusaha sukses diluar sana. Sehingga kualitas SDM bisa mumpuni dan mampu berdaya saing dengan para kompetitor di dunia kerja dan di dunia bisnis.

“Berharap para mahasiswa bisa menerima ilmu dan meningkatkan kualitas SDM yang signifikan dari orang yang telah berhasil, sehingga nantinya mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dan bersaing  di dunia kerja serta dunia bisnis nantinya,” ungkap Managing Directur Sampoerna Agro Tbk Region Kalteng Dan Kalbar itu. Ay

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here