Hidayat Lamakarate Dilantik Sebagai Ketua Ikatan keluarga Mahasiswa Pasca Sarjana Untad

Sabtu (26/8), Ikatan Keluarga Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Tadulako Resmi lantik. Drs H Hidayat Lamakarate MSi, dikukuhkan sebagai nahkoda lembaga yang baru berdii itu di tahun ini. Hadir langsung Direktur Pasca Sarjana, Prof Dr Ir H Fathurrahman M.Si, sekaligus melantik personalia kepengurusan Ikatan keluarga Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Tadulako di Hotel Best Western Coco.

Dalam Sambutannya, Prof Fathur, begitu sapaan akrabnya, menyampaikan ucapan selamat atas terpilih serta dilantiknya Hidayat Lamakarate sebagai Ketua Ikatan Keluraga Mahasiswa Pasca Sarjana Untad. Menurutnya ini menjadi kebanggan bersama keluarga besar Pasca Sarjana Untad, bahwa institusi ikatan keluarga mahasiswa baru digagas tahun ini untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap agenda-agenda program pasca sarjana.

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Ikatan Keluarga Mahasiwa Pasca Sarjana Universitas Tadulako, yang saat ini sesungguhnya adalah baru pertama kali dibentuk. Dan dipimpin langsung oleh sahabat kita, bapak Drs H Hidayat Lamakarate M.Si,” ungkap Guru Besar Fakultas Pertanian itu.

Masih dalam sambutannya, Prof Fathur menyebutkan bahwa kehadiran Hidayat Lamakarate yang diamanahkan menjadi ketua, sangat memberi kebanggan tersendiri bagi intitusi. Sebab dalam keterangannya tersebut, bahwa hal itu sangat mendorong peningkatan akreditasi Pasca Sarjana Untad.

“Keberadaan Hidayat Lamarakte sebagai Ketua Ikatan Keluarga Mahasiwa Pasca Sarjana, patut dipahami bahwa ini mengangkat akreditasi program studi dan intitusi Pasca Sarjana serta Universitas Tadulako. Karena dalam perjalanan akreditasi itu semua, ada yang namanya pelacakan alumni atau mahasiswa, dimana keberadaannya dan apa kerjaannya,” jelasnya.

Ia juga menegaskan tugas dan tanggung jawab serta peran yang menjadi wilayah kerja Ikatan Keluarga Mahasiswa, bukan seperti tugas Badan Eksekusitf Mahasiswa yang ada di fakultas. Tapi tugas dari lembaga ini adalah untuk menjadi ruang komunikasi dalam upaya perbaikan kualtitas pembelajaran akademik di Pasca Sarjana.

Sementara itu, Hidayat Lamakarate mengutarakan bahwa tanggung jawab yang diembannya saat ini bukanlah amanah yang biasa saja, tapi amanah besar dan sangat penting. Sehingga ia mengawali sambutannya dengan mengucapkan rasa terima kasih atas akepercayaan yang diberikan itu.

“Tangguang jawab ini adalah amanah yang besar, olehnya itu, pada kesempatan ini saya mengacapkan terima kasih atas kepercayaan itu, mudah-mudahan kita semua mahasiswa Program Pasca Sarjana ini  bisa menjaga silaturahim, sehingga tugas-tugas Ikatan Keluarga Mahasiswa bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Dalam keterangnnya, Hidayat Lamakarate bersama Ikatan Keluarga Mahasiswa ini, Kedepan akan menghimpun persoalan-persoalan atau permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan perkuliahan. Apa yang harus dilakukan dalam rangka mendorong agar supaya program Pasca Sarjana Untad bisa berkembang, maju dan menjadi program pasca sarjana yang diandalkan dan diidolakan masyarakat Sulawesi Tengah dan bahkan di seluruh Indonesia.

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa, ketika pemerintah daerah  Propinsi Sulawesi Tengah ingin mendorogng peningkatan kualitas sumber daya manusia. Maka perguruan tinggi menjadi pintu untuk mengembangkan cita-cita itu. Jika semkain banyak lulusan sarjana, magister dan doktor di daerah ini, maka secara otomatis kualitas SDM kita mumpuni dan berdaya saing, tentunya dikuatkan dengan kompetensi yang berkapasitas,” tuturnya dihadapan hadirin.

Maka dari itu, menurut Hidayat, Ikatan Keluarga Mahasiswa Pasca Sarjana Untad ini, akan menyediakan tempat dan ruang  serta waktu untuk berkomunikasi dan berduski tentang apa yang dilakukan, untuk mendorong kegiatan-kegiatan perkuliahan  di kampus hingga bisa berjalan dengan baik.

Diakhir sambutannya, Hidayat menuturkan kebanggaannya menggunakan alamater kebasaran Pasca Sarjana Universitas Tadulako. “Almamater ini adalah alamater kebanggaan kita, bahwa kita bangga menjadi bagian dari keluarga besar mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Tadulako,” tutupnya.

Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen serta seluruh keluarga besar Pasca Sarjana Untad, dirangkai dalam acara Kuliah Umum Mahasiswa Baru angkatan 2017 Pasca Sarjana, baik Program Magister maupun Program Doktroral. Rf

 

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here