HMJ PENDIDIKAN IPS FKIP, BANGUN SOLIDARITAS 3 PROGRAM STUDI MELALUI STUDI SATU PENA

Jum’at (15/9), Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (HMJ P.IPS) FKIP UNTAD, kembali menyelengarakan Studi Satu Pena yang merupakan program wajib HMJ Pendidikan IPS. Kegiatan yang  berpusat di gedung perkuliahan FKIP 28 Universitas Tadulako ini mengusung tema solidaritas membentuk mahasiswa aktif dan kritis

Studi Satu Pena menjadi ajang yang menyatukan dan menumbuhkan solidaritas ke  3 program studi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS), yakni Program Studi PPKN, Program Studi Pendidikan Geografi dan Program Studi Pendidikan Sejarah yang dikutii oleh 158 mahasiswa baru dari ke tiga program studi tersebut.

Abdul Majid selaku Ketua Panitia menjelaskan , kegiatan tersebut akan dilanjutkan pemberian materi pelatihan softskill  hingga hari minggu digedung yang sama. “Setelah pembukaan hari ini, kegiatan akan dilaksanakan sampai hari Minggu yang di isi dengan materi-mater pembinaan, ’’ jelasnya.

Sementara itu, Drs Charles Kapile M.Hum dalam sambutan pembukaanya mengemukakan bahwa, untuk menjadi seorang pemimpin tidak mudah. Perlu melalui tahap dari bawah untuk membentuk karakter. Dari bawah menjadi salah satu insan yang demokratis dan cara berpikir yang lebih makro.

Beliau juga sangat mengharapkan agar mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini bisa menghasilkan output menjadi mahasiswa kreatif dan memiliki softskill yang dapat membangun solidaritas dan keteladan.

“Sebagai ketua jurusan saya sangat mengharapkan hasil selama kegiatan ini. Pelatihan yang disampaikan oleh senior dan dosen perlu kita  dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. karena itu itu merupakan modal terbesar untuk menjadi pemimpin dimasa depan,” terangnya.

Masih dalam sambutannya, ia menjelaskan kepada mahasiswa bahwa Softskill itu ada beberapa poin, anatara lain adalah kreatifitas dan motovasi. Jadi baginya kreatifitas dan motivasi ini merupakan cerminan dari mahasiswa yang itu pelatihan ini.

Di akhir, Drs. Charles, memberi semngat dan motivasi kepada seleurh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena menurutnya, ini adalah ajang menempa diri, mengasah softskill serta membangun kepribadian yang teladan. MU