Kunjungi SMAN 1 Sindue, Jurusan Biologi ajak Siswa Manfaatkan Peluang Usaha

Sabtu (26/8), Jurusan Biologi FMIPA mengadakan pengabdian ke SMA Negeri 1 Sindue Kabupaten donggala.  Pengabdian ini dilakukan sebagai wujud implementasi tridarma perguruan tinggi Universitas Tadulako.

Kedatangan dosen dari jurusan biologi ini disambut dengan baik oleh para guru yang ada di SMA Negeri 1 Sindue. Pihak sekolah telah mengumpulkan murid-muridnya untuk menerima materi mengenai cara pembuatan nata de coco.

Materi ini dibawakan langsung oleh Dr Umrah Msi, ia mengatakan bahwa praktek pembuatan nata de coco ini merupakan pelatihan yang memberikan dampak yang besar bagi siswa-siswi yang ingin berwirausaha ketika lulus nantinya.

“Semoga dengan kedatangan kami di sekolah ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa-siswi mengenai cara pembuatan nata de coco ini untuk dijadikan peluang usaha agar mereka tidak bingung lagi  ketika lulus nanti,”  ujar dosen biologi tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Rahmawati Nurdin Tolinguhu SPd guru SMA Negeri 1 Sindue yang ditemui oleh reporter Media Tadulako disela-sela kesibukannya mengawasi siswa-siswi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahun kedua dilaksanakan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan nata de coco dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar kita.

“Disini masih tersedia sumber daya alam yang memadai untuk membuat nata de coco, jadi kita tidak perlu lagi susah payah membeli air kelapa dipasar karna disekitar kita sudah ada,” ungkap Rahmawati.

Ia juga berharap agar siswa-siswa SMA Negeri 1 Sindue dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan langsung oleh dosen dari Jurusan Biologi.

“Harapan saya semoga setelah pelatihan yang diberikan oleh Jurusan Biologi ini dapat memberikan pencerahan bagi siswa-siswi agar ketika lulus nanti dapat diaplikasikan kepada masyarakat tentunya,” tutup guru mata pelajaran ekonomi tersebut.

Dalam kegiatan ini dosen dari jurusan biologi FMIPA Untad memberikan demo mengenai pembuatan nata de coco untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Sindue. Siswa-siswi yang mengikuti pelatihan ini adalah murid kelas X. (Sr)