Mechanical Day, Gunakan Teknologi Tepat Guna Menuju Daya Saing Mendunia

Dekan, Wadek Bima, Ketua Jurusan, dosen dan Ketua Panitia berfoto bersama di acara Mechanical Day 2017

Selasa (12/09), Jurusan Teknik Mesin mengadakan Mechanical Day yang bertempat di lapangan depan Rektorat Universitas Tadulako (Untad). Kegiatan ini mengusung tema “Inovasi IPTEK untuk daya saing melalui tenaga hydro”

Abdul Rahim selaku ketua panitia mengatakan bahwa, kegiatan ini yang diadakan oleh himpunan mahasiswa teknik mesin ini merupakan program tahunan himpunan yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dan siswa-siswi SMA untuk berkreasi dalam bidang teknik mesin khususnya.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali di tahun-tahun sebelumnya, dan ini merupakan tahun ke 4 Himpunan Teknik Mesin mengadakan Mechanical Day yang pelaksanaannya mulai dari tanggal  12-13 september,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut mengadakan beberapa cabang lomba seperti roket air, roket  jarak jauh, roket tembak, best desain, dan KTI. Peserta dari kegiatan ini merupakan siswa-siswa dari SMA se-Kota Palu.

“Pesertanya dari SMA se-Kota Palu terdiri dari 16 tim yang bertanding, setiap sekolah bisa mengutus 3 tim dimasing-masing cabang lomba” lanjut mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

Ia juga berharap dengan digelarnya kegiatan ini semakin banyak lagi peserta yang turut ambil bagian di Mechanical Day tahun depan. Menurutnya, ini merupakan ajang promosi bagi kami bahwa Jurusan Teknik Mesin itu menyenangkan.

“Saya berharap semoga tahun depan peserta lebih banyak, kegiatannya lebih baik lagi daripada sebelumnya,” tutup Rahim, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan yang sama Ken Anggi Ramadani sebagai pemenang lomba karya tulis ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Limbah Ikan Mujair Menjadi Biodiesel Melalui Metanolisis dengan Reaksi Katalis NaOh” ditemui reporter Media Tadulako mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dapat menambah wawasan selain itu dapat mengemukakan ide-ide mengenai gagasan yang ada.

“Saya sangat senang dan tidak menyangka karya tulis kami lolos menjadi pemenang pertama karna kami ketahui bahwa persiapan yang kami lakukan belum sepenuhnya sempurna,” ujar siswa SMA Negeri 9 ini.

Selain itu ia juga berharap karya tulis ilmiah tersebut dapat diaplikasikan ke masyarakat luas dan ia juga berpesan kepada semua generasi muda untuk tetap semangat menulis karya tulis ilmiah agar menjadi peneliti yang sesungguhnya.

“Saya berharap kedepannya saya dan tim dapat mengembangkan karya tulis ini agar dapat menjadi alternatif apabila bahan bakar sudah mulai habis dan semoga kita sebagai generasi penerus bangsa dapat terus berbuat sesuatu yang menjadi kebanggaan orang tua dan bangsa,” harapnya.

Dalam kegiatan ini juga dibuka stand Yamaha yang memberikan pelayanan servis gratis kepada setiap pengunjung Mechanical Day. Selain itu, Palang Merah Indonesia juga turut berpartisipasi meramaikan kegiatan tersebut dengan melayani donor darah. (SR)

 

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here