Terapkan Metode Student Center Learning (SCL) beri ruang mahasiswa untuk berperan aktif didalam kelas

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) melalui Pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran (PUSBANG-PMPP) melaksanakan Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen dalam Student Center Learning (SCL) di gedung Media Center Universitas Tadulako (20/9).

Workshop peningkatan kapasitas dosen dalam SCL ini merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang sangat popular dikalangan praktisi pendidikan di dunia SCL dipercaya sangat efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran guna meraih hasil belajar mahasiswa secara optimal.

Siti Ika Fitransyah SGz MSi selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini sesuai  filosofi pelajar yaitu  memperoleh pengetahuan baru dimana semakin banyak pengetahuan yang diperoleh mahasiswa maka semakin besar peluang mereka untuk terus meningkatkan kualitas sikap dan perilakunya

“SCL adalah model pembelajaran yang memfasilitasi para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, keuntungan yang didapatkan dosen saat menerapkan metode ini sangat menarik karena dosen tak perlu panjang lebar menjelaskan cukup dengan member kepercayaan kepada mahasiswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia berharap metode ini dapat bersinergi dengan proses pembelajaran dan perkuliahan yang ada di Universitas tadulako.

“harapan saya pada semua peserta pada kegiatan ini dapat mengaplikasikannya di dalam kelas perkuliahan nantinya” harapnya.

Hal senada pula disampaikan oleh Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS Ia menjelaskan bahwa dosen tak perlu khawatir lagi kepada mahasiswa karena dengan menerapkan metode SCL ini didalam kelas  dapat memberikan mereka  kepercayaan dalam mengembangkan materi apa saja yang telah diberikan.

“kalau menurut saya tidak perlu terlalu khawatir dengan mahasiswa cukup beri dia kepercayaan dalam mengembangkan materi yang sudah dia dapatkan di dalam kelas, tugas kita sebagai dosen hanya perlu mengarahkan dan memperbaiki kompetensi mereka” ujarnya.

Ia juga berharap pelatihan seperti ini akan terus berlanjut guna peningkatan mutu kapasitas dikalangan dosen dan staf  pengajar di Untad.

“saya berharap kegiatan-kegiatan ini akan berkelanjutan, tentunya semua dosen dan staf pengajar dapat memberikan ruang kepercayaan bagi mahasiswa untuk berperan aktif didalam kelas dengan metode SCL ini” tutupnya.

Workshop ini diikuti 55 peserta dari semua fakultas, jurusan dan prodi yang ada di Universitas Tadulako. (SR)

 

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here