FKM Untad Terbaik di Se-Indonesia Timur

Baru seumur jagung FKM Untad meraih prestasi ditingkat nasional pada UKSMKI dengan meraih juara 1 dan juara 3 terbaik se-Indonesia Timur

Saat ditemui oleh reporter Media Tadulako di ruang kerjanya, Dr Nurdin Msi MKes mengatakan bahwa Ujian Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) ditingkat nasional Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Univesitas Tadulako (UNTAD) mendapatkan penghargaan juara terbaik 1 dan juara terbaik 3 tingkat regional Indonesia Timur (14/12) di Hotel Kemayoran Jakarta Pusat.
“Jadi bulan Oktober lalu telah dilaksanakan UKSKMI periode 2017 yang dilaksanakan di FKM UNTAD, nah mahasiswa kita mendapatkan nilai tertinggi se-Indonesia timur mengalahkan Universitas Samratulangi, Universitas Haluleo dan Universitas Hasanudin dengan Juara 1 dan Juara 3 sedangkan Unhas hanya mendapatkan juara 2” ujar Dr Nurdin (18/12).
Lanjutnya ujian kompetensi ini diikuti oleh mahasiswa semester 7 dan alumni FKM yang ingin mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR), STR ini digunakan jika para sarjana lulusan FKM ingin mendaftar di dunia kerja.
“Pada UKSMKI ini juga mendapatkan STR sebagai syarat untuk mendaftar di instansi-instansi kesehatan agar dapat diterima di instansi yang menjadi tujuan calon pendaftar” imbuhnya.
Dr Nurdin juga berharap dengan raihan yang dicapai oleh FKM Untad ini dapat memberikan penguatan-penguatan kepada mahasiswa tingkat akhir agar dapat mengikuti ujian kompetensi dengan baik
“Kedepannya saya berharap FKM dapat memberikan pelayanan kepada mahasiswa yang ingin mengikuti ujian kompetensi agar dapat bersaing dan mengukur kualitas diri sebagai seorang sarjana kesehatan masyarakat” harapnya.
Sementara itu dikesempatan yang sama Muhammad Aji Satria yang ditemui oleh reporter Media Tadulako yang menjadi juara pertama dalam ujian kompetensi ini mengatakan bahwa persiapan yang ia lakukan sudah dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian dilaksanakan
“Sebelumnya saya mengikuti ujian try out yang diadakan oleh FKM dari ujian try out itulah saya mendapatkan bayangan mengenai ujian kompetensi yang sesungguhnya” terang Aji sapaan akrabnya.
Ia juga berharap agar pada ujian kompetensi selanjutnya mahasiswa FKM dapat mempersiapkan dengan baik semua materi yang harus dipelajari agar mendapatkan nilai tertinggi
“Saya berharap teman-teman dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar dapat mengetahui kualitas wawasan kita mengenai kesehatan masyarakat itu seperti apa” tutupnya.
UKSMKI ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Unversitas Tompotika, STIK IJ, dan Universitas Tadulako sebagai tuan rumah pelaksana ujian kompetensi (Sr).