400 mahasiswa FKIP siap turun PLP

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako (Untad) melepas 400 mahasiswa ke 20 sekolah yang ada di kota Palu dan sekitarnya dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) yang dilaksanakan di depan gedung FKIP 24, pada Rabu (9/01).

“Mata kuliah pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) di dasarkan pada Permen Dikti No. 55 Tahun 2017 tentang standar pendidikan guru. Atas dasar tersebut FKIP Untad menyusun panduan pelaksanaan PLP dengan menyesuaikan panduan PLP dari direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan,” jelas Anang SPd MPd selaku penanggung jawab PLP.

Mata Kuliah PLP awalnya bernama praktek pengenalan lapangan (PPL). Namun sekarang dirubah menjadi PLP. PLP terdiri dari PLP 1 dengan jumlah SKS 1 untuk tujuan observasi. PLP 2 dengan  tujuan mengajar dan pembuatan Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) dengan jumlah 3 SKS.

“Perbedaan PLP dan PPL terletak pada penerapannya di lapangan. Pada PPL mahasiswa hanya turun praktek untuk mengajar dan membuat RPP, sedangkan di PLP sebelum melakukan kegiatan mengajar mahasiswa diharuskan untuk melakukan observasi di lingkungan sekolah,” jelas Anang.

Dalam pembukaannya Dr Jusman M Si selaku wakil dekan bidang umum dan keuangan (Wabiduk) menjelaskan, sebagai mahasiswa yang akan melaksanakan PLP, harus bisa menjadi tamu yang baik.

“Hal yang penting saat kita menjadi tamu di suatu rumah adalah komunikasi dan saling mengharggai, baik itu dengan para guru-guru juga murid-muridnya, agar terjadi kenyamanan antara tuan rumah dan tamu yang ada,” tutur wabiduk.

Mahasiswa yang turun PLP akan didampingi oleh guru pamong yang akan membimbing mereka selama proses PLP berlangsung.

Jusman berharap agar PLP ditahun ini menjadi lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya, agar bisa terjadi hubungan yang baik dengan pihak sekolah.

“Saya berharap agar PLP di tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan terbangun relasi yang baik antara mahasiswa dan pihak sekolah,” tutup Dr Jusman. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here