Praktik MK Melaui Pentas Seni

Program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan pentas seni, yang melibatkan mahasiswa prodi PGSD khususnya angkatan 2016 dan 2017 di depan gedung prodi PGSD, pada Kamis  (10/01).

Ditemui reporter Media Tadulako, Sulaiman selaku ketua panitia menjelaskan selain untuk menunjukkan bakat-bakat seni yang dimiliki mahasiswa prodi PGSD, tetapi juga untuk menuntaskan salah satu mata kuliah pendidikan seni dan musik.

“Kegiatan ini diadakan untuk menuntaskan mata kuliah pendidikan seni dan musik, tetapi yang terutama adalah menampilkan berbagai kemampuan dan bakat seni yang dimiliki mahasiswa PGSD,” ungkap sulaiman.

Dalam pentas seni yang diadakan, ada beberapa kesenian ditampilkan, yaitu tarian, music, dan juga drama.

“selain penting karena berkaitan dengan mata kuliah, kegiatan ini juga dapat menggali potensi mahasiswa PGSD yang ada, dan juga menjadi hiburan buat mahasiswa FKIP yang ada disekitar tempat kegiatan,” jelas Sulaiman.

Pada pembukaannya Dr Iskandar M Hum selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan FKIP Untad menuturkan bahwa ia sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan pentas seni yang diadakan prodi PGSD.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya tidak menyangka kalau mahasiswa PGSD memiliki segudang talenta di bidang seni. Padahal background ilmunya bukan tentang seni, saya berharap ke depannya mereka tak hanya tampil di tataran fakultas tetapi juga universitas,” ungkap Dr Iskandar.

Yun Ratna Lagandesa S Pd M Pd selaku dosen pengampu mata kuliah pendidikan seni dan music menjelaskan bahwasannya kegiatan ini diadakan agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang seni dan kepercayaan diri mahasiswa.

“Biasanya bentuk dari ujian akhir hanya berupa prakter ataupun tes tertulis tetapi kami membuatnya berbeda, selain menghibur dengan pengadaan pentas seni mahasiswa bisa menjadi lebih percaya diri untuk berkarya dalam seni, meningkatkan karakter mahasiswa dalam disiplin, serta menjalin kerjasama dan kebersamaan antara dosen dan mahasiswa,” ungkap Yun Ratna.

Beliau berharap melalui kegiatan pentas seni ini mahasiswa dapat memiliki keterampilan di bidang seni setamatnya dari dunia perkuliahan.

“Walaupun ke depannya akan menjadi guru, tetapi keterampilan lainnya juga diperlukan agar bisa membuka lebih banyak peluang ke depannya, karena itu melalui kegiatan ini saya berharap mahasiswa dapat memiliki soft skill di bidang seni,” Tutup Yun Ratna. Adr