Silaturahmi Dengan Rektor Untad, Kajati Sulteng: Pak Rektor Sosok Yang Humanis

 

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs M Rum SH MH melakukan silaturahmi dengan Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS. Silaturahmi yang dilakukan di Ruang Kerja Rektor, Lantai 1 Rektorat, pada Jumat (01/02) dihadiri juga oleh Asisten Pidana Khusus (Aspisdus) Kejati, Edward Malau SH MH, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk), Prof Dr Ir Mahfudz MP, Dekan Fakultas Hukum, Dr Sulbadana SH MH, Direktur Program Pascasarjana Prof Dr Ir Alam Anshari SH, dan Koordinator Program Sudi S3 Ilmu Sosial, Dr Hasbullah MSi.

Dalam silaturahmi tersebut, Kajati Sulteng berdiskusi banyak hal, mulai dari bencana gempa bumi, Pendidikan Tinggi, hingga profil pribadi Rektor Untad yang disebut berulang-ulang sebagai sosok yang humanis dan pandai bergaul.

“Sejak bertemu perama kali, dan diceritakan oleh orang-orang, profil Pak Rektor itu adalah sosok yang amat humanis. Ini juga yang mendasari saya untuk melanjutkan pendidikan di Prodi S3 Ilmu Sosial,” ujar M Rum.

Mendengar pujian dari Kajati, Prof Basir bahwa dirinya amat menyadari sebagai sosok yang memiliki banyak kekurangan.  Olehnya Rektor memohon kepada Kajati Sulteng dan jajarannya, agar senantiasa memberikan bimbingan dan arahan.

“Harus dibalik, datang mungkin sedih, namun keluar harus ada senyum yang teruntai. Begitu pun mahasiswa, keluar dari ruangan harus tersenyum karena ada solusi,” jelas Rektor.

Mendengar itu, kajati Sulteng kembali menimpali dan mengatakan bahwa prinsip itu merupakan bagian penting dalam seni leadership. Prinsip itu, lanjut Rum diterapkan agar kebijakan yang dibuat dapat mengedapankan asas kebermanfaatan.

Termasuk pula di kejaksaan. Kebijakkan yang dibuat harus senantiasa memiliki dan mengedepankan asas manfaat. Adil tanpa memberi manfaat, tidak berarti apa-apa,” imbuh Rum. Tq